Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Luhut: PPLN Bisa Pakai Electronic Visa On Arrival

Menko Marves Luhut B. Pandjaitan telah meresmikan penggunaan Electronic Visa On Arrival untuk Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN).
Ilustasi Visa on Arrival
Ilustasi Visa on Arrival

Bisnis.com, JAKARTA - Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN) dimungkinkan melakukan pembayaran dan mendapatkan visa sebelum tiba di wilayah Indonesia dengan diterbitkannya Electronic Visa on Arrival (e-VOA).

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut B. Pandjaitan menilai dengan adanya e-VOA menjadi bukti akselerasi terhadap efisiensi pelayanan keimigrasian yang ada di negeri ini.

"Dengan adanya aplikasi e-VOA, Pelaku Perjalanan Luar Negeri atau PPLN dimungkinkan melakukan pembayaran dan mendapatkan visa sebelum tiba di wilayah Indonesia," ujarnya dalam keterangannya kepada media, Jumat (11/11/2022).

Dengan adanya inovasi tersebut, Luhut berpesan kepada Kemenkumham dan Dirjen Imigrasi agar bisa memiliki pemikiran yang berorientasi pada pelayanan publik. Dia meminta agar pejabat publik bisa mengutamakan kerja sama dan kolaborasi. Menurutnya, kerja sama dan kolaborasi menjadi kunci kesuksesan dalam melakukan transformasi pelayanan publik yang lebih efektif dan efisien, utamanya melalui pelayanan publik berbasis digital seperti e-VOA.

"Saya minta layanan bisa ditingkatkan supaya mudah, aman, terintegrasi, dengan menggunakan big data dan aplikasi digital," imbuhnya.

Sementara itu, Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Wamenkumham) Edward Omar Sharif Hiariej mengatakan bahwa e-VOA sudah diterapkan bagi 46 negara dan 17 bandara yang berfungsi sebagai pintu masuk. Diharapkan kedepannya, peran e-VOA dapat terus ditingkatkan untuk mendorong peningkatan kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia dan menjadi katalis dalam mendukung kemajuan indonesia melalui perbaikan pelayanan imigrasi yang lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper