Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Netanyahu Menang Pemilu, PM Israel Yair Lapid Ucapkan Selamat

Perdana Menteri Israel Yair Lapid mengucapkan selamat kepada Benjamin Netanyahu atas kemenangan dalam pemilu.
Nancy Junita
Nancy Junita - Bisnis.com 04 November 2022  |  08:17 WIB
Netanyahu Menang Pemilu, PM Israel Yair Lapid Ucapkan Selamat
Benjamin Netanyahu (kanan) memenangkan pemilu Israel yang digelar pada Selsa (1/11/2022). - Antara
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Perdana Menteri Israel Yair Lapid mengucapkan selamat kepada Benjamin Netanyahu atas kemenangan dalam pemilihan umum (pemilu) ketika hasil akhir mengonfirmasi kemenangan mantan perdana menteri itu sebagai kepala aliansi sayap kanan yang solid.

Dilansir Channel News Asia, Jumat (4/11/2022), kemenangan Netanyahu akan mengakhiri kebuntuan yang belum pernah terjadi sebelumnya di Israel setelah lima pemilihan dalam waktu kurang dari empat tahun.

Kali ini Netanyahu, politisi Israel dominan di generasinya, memenangkan mayoritas parlemen, didukung oleh partai-partai ultranasionalis dan agama.

Pemungutan suara pada Selasa (1/11/2022), keluar dari Lapid sentris, dan aliansi langka konservatif, liberal dan politisi Arab yang, lebih dari 18 bulan berkuasa, membuat terobosan diplomatik dengan Turki dan Lebanon.

Konflik dengan Palestina yang kembali melonjak dan menyentuh ketegangan Yahudi-Arab di Israel, sayap kanan Netanyahu dan partai-partai sejenisnya meraup 64 dari 120 kursi Knesset.

Netanyahu masih harus secara resmi ditugaskan oleh presiden untuk membentuk pemerintahan, sebuah proses yang bisa memakan waktu berminggu-minggu.

"Waktunya telah tiba untuk menegakkan ketertiban di sini. Waktunya telah tiba untuk menjadi tuan tanah," cuit Itamar Ben-Gvir dari partai sayap kanan Zionisme Religius.

Dia menanggapi penusukan yang dilaporkan oleh polisi Yerusalem. Di Tepi Barat, tentara membunuh seorang militan Jihad Islam dan seorang pria berusia 45 tahun dalam insiden terpisah, kata petugas medis.

Menurut pihak tentara, mereka melepaskan tembakan ketika orang-orang Palestina menyerang mereka dengan batu dan bom bensin.

Kemudian pada malam hari, sirene serangan udara berbunyi di Israel selatan setelah gerilyawan di Gaza menembakkan roket yang tampaknya dicegat oleh pertahanan rudal, kata militer.

Seorang warga di Tepi Barat dan mantan anggota Kach, kelompok militan Yahudi di daftar pantauan teroris Israel dan AS, menginginkan Ben-Gvir memimpin kepolisian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

israel netanyahu pemilu
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top