Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Daftar Agama Terbesar di Dunia dan Indonesia, Apa Saja?

Setiap agama memiliki jumlah penganut yang berbeda-beda. Berikut ini urutan agama terbesar di dunia dan Indonesia yang perlu diketahui.
Agama Terbesar di Dunia dan Indonesia (Freepik)
Agama Terbesar di Dunia dan Indonesia (Freepik)

Bisnis.com, JAKARTA - Di dunia ini terdapat banyak agama dan kepercayaan. Setiap agama memiliki jumlah pemeluk yang berbeda-beda. Lalu, agama apa yang masuk dalam kategori agama terbesar di dunia? Ini daftarnya khusus untuk Anda.

Urutan Agama Terbesar di Dunia

Dalam situs World Population Review, jumlah agama di dunia lebih dari 4.000 agama. Masing-masing agama memiliki jumlah pengikut yang berbeda-beda. Berikut beberapa daftar nama agama terbesar di dunia 2022.

1. Kristen

Salah satu agama terbesar di dunia adalah Kristen. Agama ini memiliki pengikut sekitar 2,38 miliar orang. Agama Kristen yang berdasarkan pada kehidupan dan ajaran Yesus Kristus diketahui sudah berumur 2000 tahun. Kelompok terbesar dari agama ini yaitu gereja Katolik Roma, gereja Ortodoks Timur, dan gereja Protestan.

2. Islam

Agama paling besar di dunia berikutnya yaitu Islam. Agama ini memiliki pemeluk sekitar 1,9 miliar orang. Islam disebarkan oleh Nabi Muhammad pada tahun 570-632 M. Dalam agama Islam, Allah SWT merupakan satu-satunya Tuhan yang berhak disembah. Kitab suci agama ini yaitu Al-quran.

3. Tidak terafiliasi pada agama tertentu

Di urutan ketiga, terdapat kelompok masyarakat yang tidak afiliasi agama tertentu. Mereka memiliki kepercayaan spiritual, namun tidak terikat pada agama tertentu. Jumlah kelompok ini sekitar 1,193 miliar orang.

4. Hindu

Agama yang terbesar di dunia selanjutnya yaitu Hindu. Agama ini dipeluk oleh sekitar 1.161.440.000 orang. Hindu termasuk agama tertua karena sudah ada sejak 1500-an sebelum Masehi.

Agama Hindu terbanyak ada di India, sekitar 80% populasi negara tersebut mengikrarkan diri sebagai penganut agama Hindu. Selain India, ada Nepal dan Indonesia yang memiliki penganut Hindu terbanyak.

5. Buddha

Urutan kelima, ada Buddha yang menjadi agama terbesar di dunia. Agama ini dianut oleh sekitar 506.990.000 orang. Dari ajaran Buddha Gautama, agama ini hadir di India hampir 1500 tahun lalu.

Terdapat dua cabang utama Buddhis yaitu Buddhisme Theravada dan Buddhisme Mahayana. Ajaran agama ini meliputi sumpah anti kekerasan dan kepatuhan pada perilaku etis di seluruh aspek kehidupan.

6. Agama rakyat

Agama rakyat dikenal juga dengan nama agama kepercayaan tradisional. Agama ini merupakan tradisi lokal sebuah daerah yang sebenarnya bernaung di bawah agama besar. Akan tetapi, praktik agama rakyat ini berada di luar praktis resmi agama besar yang menaunginya.

7. Agama lainnya

Selain enam agama di atas, terdapat agama lain yang memiliki pengikut terbesar. Diantaranya agama Konfusianisme dan Taoisme yang menjadi agama tradisional Tiongkok. Negara-negara yang menganut agama ini antara lain; Tiongkok, Macau, Taiwan, Burundi, Pantai Gading, dan lain sebagainya. Tak tanggung-tanggung, jumlah penganut agama ini mencapai 60.990.000 orang.

8. Agama Terbesar di Indonesia

Selain daftar agama terbesar di dunia yang sudah disebutkan, di Indonesia juga terdapat urutan agama terbesar. Di Indonesia terdapat enam agama yang diakui. Dilansir dari situs Indonesia.go.id, berikut urutan agama terbesar di Indonesia.

1. Islam

Di Indonesia, penganut Islam sangat besar. Bahkan, diketahui sebanyak 87,2% dari penduduk Indonesia beragama Islam.

2. Protestan

Di posisi kedua terdapat Protestan yang menjadi negara terbesar di Indonesia. Diketahui sebanyak 6,9% dari penduduk Indonesia menganut agama ini.

3. Katolik

Di Indonesia, agama ini dianut sebanyak 2,9% dari populasi penduduk Indonesia. Agama ini pertama kali dibawa oleh bangsa Portugis yang datang ke Maluku.

4. Hindu

Agama Hindu dianut oleh sekitar 1,7% dari jumlah penduduk di Indonesia. Agama ini banyak dianut oleh masyarakat Bali.

5. Buddha

Buddha menjadi agama tertua di dunia dan Indonesia. Agama ini dianut oleh sebanyak 0,7% masyarakat Indonesia.

6. Khonghucu

Agama ini dianut sebanyak 0,05% dari penduduk Indonesia. Agama ini dibawa oleh masyarakat Tionghoa yang merantau ke Indonesia.

Itulah penjelasan mengenai agama terbesar di dunia dan indonesia, dengan adanya keragaman agama yang ada di dunia maupun indonesia membuat kita saling bertoleransi satu dengan yang lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nuraini
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper