Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Fraksi PDIP Copot Johan Budi dari Wakil Ketua BURT DPR, Karena Dewan Kolonel?

Fraksi PDIP DPR mencopot anggotanya Johan Budi dari posisi wakil ketua Badan Urusan Rumah Tangga BURT DPR. Mengapa?
Johan Budi./Antara
Johan Budi./Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Fraksi PDI Perjuangan (PDIP) DPR mencopot anggotanya Johan Budi dari posisi wakil ketua Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR.

Johan mengatakan, dirinya kini digeser ke Badan Legislasi (Baleg) DPR. Dia mengklaim, penggeseran jabatannya bukan berkaitan dengan Dewan Kolonel.

"Seolah-olah ini ada kaitannya dengan Dewan Kolonel, saya kira enggak ada ya, kalau menurut saya enggak ada. Tapi gak tahu kalau menurut yang lain," ujar Johan kepada awak media di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (1/11/2022).

Dia berpendapat rotasi jabatan di alat kelengkapan DPR merupakan hal biasa. Oleh sebab itu, dia tak merasa ada alasan khusus pergeseran dirinya dari BURT ke Baleg.

Apalagi, lanjut Johan, Ketua Fraksi PDIP DPR Utut Adianto mengatakan dirinya diperlukan di Baleg. 

"Saya kan akhir Februari kan di BURT, per-Oktober kemarin, tanggal 12, saya diminta ke Baleg," ungkapnya.

Sebelumnya, sejumlah loyalis Puan Maharani di DPR membentuk sebuah tim bernama Dewan Kolonel untuk menyukseskan langkah putri Megawati Soekarnoputri tersebut menjadi calon presiden (capres) usungan PDI Perjungan (PDIP) di Pilpres 2024.

Johan merupakan pencetus pembentukan Dewan Kolonel. Meski begitu, Ketua Bidang Kehormatan DPP PDIP Komarudin Watubun mengatakan pihaknya telah menjatuhi hukuman berat ke anggota Dewan Kolonel termasuk Johan.

“Kami jatuhkan sanksi kepada teman-teman yang menamakan diri sebagai Dewan Kolonel, antara lain Pak Trimedya Panjaitan, kemudian Pak Johan Budi, Masinton, Pak Prof Hendrawan, dan beberapa yang memang ada," jelas Komarudin kepada awak media di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Senin (24/10/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper