Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BRIN Gelar InaRI Expo 2022 di Cibinong

BRIN menggelar Indonesia Research and Innovation Expo atau InaRI Expo 2022 mulai 27-30 Oktober 2022 di Cibinong.
Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Laksana Tri Handoko dalam perayaan Hakteknas ke-27 di KST Soekarno, Cibinong, Rabu (10/8/2022)./Istimewa
Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Laksana Tri Handoko dalam perayaan Hakteknas ke-27 di KST Soekarno, Cibinong, Rabu (10/8/2022)./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menggelar Indonesia Research and Innovation Expo atau InaRI Expo 2022 mulai 27 - 30 Oktober 2022 di Gedung ICC, Cibinong Science Center, Jawa Barat.

InaRI Expo 2022 merupakan agenda tahunan sebagai ruang ekspresi dan apresiasi bagi para periset, inovator, dan inventor yang telah memberikan kontribusi bagi masyarakat dan negara.

Tahun ini InaRI Expo 2022 mengusung tema “Digital, Blue, & Green Economy: Riset dan Inovasi untuk Kedaulatan Pangan dan Energi”.

Melalui tema ini, BRIN ingin mendorong kolaborasi dengan berbagai pihak untuk memperkuat ekosistem riset dan inovasi guna mewujudkan ekonomi yang berbasis digital, berwawasan lingkungan, dan memanfaatkan sumber daya alam yang dimiliki Indonesia.

Kepala BRIN Laksana Tri Handoko mengatakan, kegiatan semacam ini sudah rutin dilaksanakan oleh masing-masing kementerian/lembaga sebelum terintegrasi ke dalam BRIN.

“InaRIi Expo ini sebenarnya merupakan reinkarnasi dari kegiatan expo yang sebelumnya telah dilakukan oleh beberapa LPNK, dan sekarang diintegrasikan sehingga menjadi lebih besar dengan gaung yang lebih besar pula serta lebih menarik untuk publik,” ujar Handoko dikutip dari keterangan tertulis, Rabu (26/10/2022).

Dia menjelaskan, kegiatan ini menjadi bagian dari Presidensi G20 Indonesia 2022. BRIN berperan sebagai pengampu kegiatan Research and Innovation Initiative Gathering (RIIG) dan Space 20.

Oleh karenanya, InaRI Expo 2022 diharapkan menjadi etalase kemajuan riset dan inovasi teknologi di Indonesia, khususnya terkait tema tersebut, serta menjadi katalis yang tidak hanya mempromosikan, namun juga menginisiasi kerja sama dengan berbagai pihak, baik itu nasional maupun internasional, termasuk pihak industri.

“Karena itu, melalui InaRI Expo 2022, BRIN juga mengajak seluruh periset dan inovator dari berbagai lembaga untuk berbagi kesuksesan yang menginspirasi para periset dan inovator generasi berikutnya,” tambahnya.

Handoko berharap, perhelatan InaRI Expo 2022 akan semakin mendorong para periset Indonesia untuk meraih prestasi yang lebih tinggi lagi. Begitu pun dengan para kreator-kreator di bidang teknologi untuk terus mengasah kemampuannya dalam menghasilkan produk-produk baru.

Ketua Pelaksana InaRI Expo 2022 Irwadhi Marzuki mengatakan, sedikitnya ada sekitar 239 peserta yang akan berpameran.

Adapun dari 239 booth peserta pameran itu terdiri dari perwakilan BUMN, perwakilan BUMD, Asean-India Startup Festival, perwakilan Negara G20, perusahaan swasta nasional, perguruan tinggi, dan sekolah-sekolah setingkat SMA dan SMP.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nancy Junita
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper