Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mertua PM Inggris Rishi Sunak Konglomerat India, Segini Kekayaannya!

Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak memiliki mertua kaya raya, Narayana Murthy, yang dikenal sebagai konglomerat India
Raja Charles III (kiri), Rishi Sunak (tengah) dan istrinya Akshata Murthy./Istimewa
Raja Charles III (kiri), Rishi Sunak (tengah) dan istrinya Akshata Murthy./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak memiliki mertua kaya raya, Narayana Murthy. Dikenal sebagai konglomerat India, Narayana memiliki kekayaan senilai US$ 4,5 miliar atau setara Rp702 triliun.

Sunak menikahi putri konglomerat India bernama Akshata Murthy. Pasangan ini memiliki dua orang putri bernama Krishna and Anoushka.

Dilansir dari Forbes, bahwa Narayana Murthy memiliki harta kekayaan sebesar US$4,5 miliar atau setara Rp702 triliun.

Dikutip dari London Speaker Bureau Asia, Narayana Murthy adalah seorang industrialis dan insinyur perangkat lunak India.

Dia adalah pendiri Infosys Limited, sebuah perusahaan konsultan perangkat lunak global yang berkantor pusat di Bangalore, India.

Dia mendirikan Infosys pada tahun 1981, menjabat sebagai CEO selama 1981-2002, dan sebagai Ketua dan Ketua Mentor selama 1981-2011.

Di bawah kepemimpinannya, Infosys terdaftar di NASDAQ pada tahun 1999. Saat ini, dia adalah Ketua Emeritus of Infosys.

Murthy merancang, dan mengimplementasikan global delivery model yang telah menjadi dasar bagi kesuksesan besar dalam outsourcing layanan teknologi informasi (TI) di India. Dia memimpin inisiatif tata kelola perusahaan utama di India. Juga, penasihat TI di beberapa negara Asia.

Selain itu, Murthy bertugas di Dewan HSBC, Ford Foundation, Rhodes Trust, Sekolah Bisnis India dan Yayasan PBB.

Dia menjabat sebagai anggota Dewan Unilever antara 2007 dan 2010, Ketua Institut Internasional Teknologi Informasi, Bangalore antara 2002 dan 2012 dan Ketua Institut Manajemen India, Ahmedabad antara 2002 dan 2007.

Dia juga pernah bertugas di dewan Universitas Cornell, Universitas Manajemen Singapura, INSEAD (Paris), Sekolah Wharton dan Sekolah Pascasarjana Bisnis di Universitas Stanford.

Mertua PM Inggris Rishi Sunak Konglomerat India, Segini Kekayaannya!

Narayana Murthy dikenal sebagai konglomerat India di bidang teknologi informasi (TI). Dia memiliki kekayaan senilai US$ 4,5 miliar atau setara Rp702 triliun./Istimewa

Kekayaan Rishi Sunak

Melansir Sunday Times Rich List, Sunak menjadi orang terkaya di posisi ke-222 di Inggris saat ini. Menurut the guardian, kekayaan Sunak dan istrinya, Akshata Murty apabila digabungkan, akan ada sebanyak 730 juta poundsterling atau Rp12,9 triliun pada tahun 2022.

Kekayaan Sunak mengalahkan kekayaan Raja Inggris, Raja Charles III yang memiliki harta sebanyak US$ 600 juta atau sekitar Rp 8,88 triliun pada saat telah naik takhta.

Sumber-sumber kekayaan Sunak berasal dari bisnis teknologi dan investasi.

"Sahamnya 0,9 persen di perusahaan IT ayahnya Narayana Murty Infosys, diperkirakan bernilai sekitar 690 juta pound, menghasilkan pendapatan dividen 11,6 juta pound tahun lalu," dilansir dari BBC News, Selasa (25/10/2022).

Seperti diketahui, Rishi Sunak memenangkan pemilihan pemimpin Partai Konservatif sekaligus PM Inggris yang baru. Dia menggantikan Liz Truss yang mengundurkan diri karena kekacauan ekonomi Inggris saat di bawah kepemimpinannya.

Sunak menjadi keturunan India pertama yang memimpin Inggris, dan menjadi PM Inggris termuda dalam sejarah Inggris.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nancy Junita
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper