Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rishi Sunak Janji Prioritaskan Stabilitas Ekonomi Inggris

Rishi Sunak berjanji akan membawa stabilitas dan persatuan di Inggris, mengingat saat ini negara tersebut mengalami krisis ekonomi.
Rishi Sunak meninggalkan Downing Street, di London, Inggris, Kamis (26/5/2022)./Antara
Rishi Sunak meninggalkan Downing Street, di London, Inggris, Kamis (26/5/2022)./Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Rishi Sunak menang dalam perebutan posisi pemimpin Partai Konservatif, sekaligus menjadi Perdana Menteri (PM) Inggris yang baru. Dia berjanji akan membawa stabilitas dan persatuan di Inggris, mengingat saat ini negara tersebut mengalami krisis ekonomi.

Sunak (42) yang merupakan penganut Hindu, akan menjadi Perdana Menteri Inggris pertama dengan kulit gelap, setelah Liz Truss mundur karena kekacauan ekonomi di bawah kepemimpinannya. Dia hanya menjabat selama 45 hari.

Downing Street mengatakan bahwa Liz Truss akan mengadakan pertemuan kabinet terakhir pada Selasa (25/10/2022) pagi sebelum mengajukan pengunduran dirinya kepada Raja Charles III, setelah itu akan menunjuk Sunak sebagai PM Inggris.

Pemimpin baru Partai Konservatif atau PM Inggris yang baru akan memberikan sambutan pertamanya kepada warga Inggris sekitar pukul 11.35 waktu setempat.

Adapun Sunak berhasil menang, usai jumlah dukungan untuknya mengalahkan Penny Mordaunt, saingan terakhir Sunak yang tersisa dalam kontes pemilihan untuk mencapai gelar kepemimpinan Partai Konservatif.

Sementara itu, Boris Johnson sebelumnya telah mengundurkan diri sebagai kandidat PM Inggris karena menurutnya pencalonan dirinya akan memicu perdebatan atau perpecahan di dalam partai.

Sunak sebagai pemimpin baru Inggris mengatakan bahwa saat ini negara tersebut sedang menghadapi tantangan ekonomi yang cukup mendalam dan serius.

"Kami sekarang membutuhkan stabilitas dan persatuan dan saya akan menjadikannya prioritas utama saya untuk menyatukan partai kami dan negara kami," ucap Sunak.

Melansir Channel News Asia, respons positif terlihat saat penunjukan Sunak sebagai PM Inggris. Profesor Emeritus Universitas Adelaide, Clement Macintyre mengatakan bahwa Sunak perlu menunjukkan arah negaranya secara jelas dan cepat.

“Sunak perlu membuat beberapa langkah signifikan dengan cepat dalam hal memulihkan kepercayaan dalam perekonomian, saat ini Sunak memulai dengan tanda-tanda positif, tetapi dia harus menunjukkan beberapa bukti perubahan nyata dengan cukup cepat,” kata Macintyre.

Kemenangan Sunak disambut oleh para pemimpin dunia, salah satunya Perdana Menteri (PM) India, Narendra Modi. Dia mengucapkan selamat kepada pemimpin Inggris terbaru tersebut.

Selain itu, Perdana Menteri (PM) Irlandia, Michael Martin menyambut baik penanganan bersama terkait masalah penting Inggris yang perlu dihadapi.

Sementara itu, Dewan Eropa, Charles Michel mengungkap bahwa bekerja bersama adalah satu-satunya cara untuk menghadapi tantangan bersama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Erta Darwati
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper