Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

7 Fakta tentang PM Inggris Liz Truss, Cuma Menjabat 45 Hari!

Berikut 7 fakta tentang mantan Perdana Menteri (PM) Inggris Lizz Trus. Cuma menjabat selama 45 hari lalu mundur. Ada apa?
Perdana Menteri Inggris Liz Truss./Bloomberg
Perdana Menteri Inggris Liz Truss./Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Elizabeth Truss atau Liz Truss resmi mengundurkan diri dari jabatan Perdana Menteri (PM) Inggris. Kejadian ini terbilang kontrovesial lantaran Liz Truss hanya menjabat selama 45 hari.

Dalam pernyataannya, Liz Truss bahwa dia tidak bisa menyampaikan mandat dan dirinya telah memberitahu Raja Charles bahwa dirinya mengundurkan diri sebagai pemimpin Partai Konservatif atau Tory.

“Akan ada pemilihan pemimpin Konservatif yang akan selesai dalam minggu depan,” ujarnya dikutip dari BBC, Kamis (20/10/2022).

Simak deretan fakta terkait mundurnya Liz Truss dari posisi PM Inggris

1. Liz Truss PM Inggris dengan masa jabatan terpendek

Lizz Truss adalah perdana menteri Inggris dengan masa jabatan terpendek. Liz Truss menggantikan Boris Johnson sebagai pemimpin dan menjadi PM pada 6 September lalu mengundurkan diri 45 hari kemudian. Rekor sebelumnya ditetapkan pada 119 hari oleh George Canning yang meninggal saat menjabat pada tahun 1827.

2. Liz Truss mengalami masalah dengan sangat cepat

Dengan dukungannya, mantan Menteri Keuangan Kwasi Kwarteng mengumumkan pemotongan pajak sebesar 45 miliar poundsterling di minggu ketiganya, dalam apa yang mereka sebut "mini budget".

Namun, hal itu secara luas disalahkan karena menyebabkan masalah ekonomi yang besar di Inggris. Meskipun Truss bersikeras pada saat itu adalah "hal yang benar untuk dilakukan".

Hampir semuanya sekarang telah terbalik dengan Kwarteng dipecat dari jabatan Menteri Keuangan.

3. Liz Truss tak bisa menepati janjinya

Dalam pidato pengunduran dirinya di luar Downing Street, dia mengakui kesalahannya.

"Saya mengakui bahwa saya tidak dapat menyampaikan mandat yang saya pilih oleh Partai Konservatif," ujar Truss.

4. Liz Truss PM Inggris terakhir yang ditunjuk Ratu Elizabeth II

Ratu Elizabeth II menunjuk Liz Truss beberapa hari sebelum dia meninggal dan kepemimpinannya dimulai dengan masa berkabung 10 hari.

5. Liz Truss mengalahkan Rishi Sunak

Dia mengalahkan mantan Menkeu Rishi Sunak untuk memperebutkan posisi PM Inggris. Anggota parlemen Konservatif dan anggota partai yang harus memilih untuk menjadikannya pemimpin.

Sunak unggul dalam pemungutan suara anggota parlemen, tetapi dalam pemungutan suara terakhir dari anggota lebih dari 80.000 memilih Liz Truss.

6. Liz Truss bekerja sebagai ekonom

Setelah universitas dia bekerja sebagai ekonom untuk Shell and Cable & Wireless. Dia menikah dengan akuntan Hugh O'Leary pada tahun 2000. Mereka memiliki dua anak perempuan. Liz Truss dan keluarganya tinggal di Thetford, Norfolk.

7. Belum tahu siapa yang akan menggantikan Liz Truss

Parlemen Inggris akan menggelar pemilihan minggu depan. Dengan demikian, Liz Truss akan tetap menduduki posisi PM Inggris hingga penggantinya diumumkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper