Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Beredar Daftar Obat Sirup Penyebab Gagal Ginjal Akut, Kemenkes: Itu Hoaks!

Daftar obat sirup dan suspensi dengan kandungan berbahaya yang sempat beredar di publik itu bukan informasi resmi dari Kemenkes.
Obat sirup cair
Obat sirup cair

Bisnis.com, JAKARTA — Juru Bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Mohammad Syahril menegaskan bahwa, Kemenkes hingga saat belum pernah merilis pernyataan mengenai jenis obat yang dinyatakan sebagai penyebab gangguan gagal ginjal akut pada anak.

Syahril memastikan daftar obat sirup dan suspensi dengan kandungan berbahaya yang sempat beredar di publik itu bukan informasi resmi dari Kemenkes.

“Kemenkes tidak pernah mengeluarkan daftar yang memuat nama obat dan identifikasi kandungan senyawanya. Kami pastikan bahwa informasi tersebut tidak benar,” jelas Syahril dalam keterangan tertulis, dikutip Kamis (20/10/2022).

Adapun, Kemenkes saat ini nyatanya masih menjalankan pemeriksaan laboratorium terhadap sampel obat yang sebelumnya digunakan oleh penderita gagal ginjal akut.

Dalam pelaksanaannya, Kemenkes turut menggandeng sejumlah pihak berwenang lainnya, seperti Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), ahli epidemiologi, farmakologi, serta Puslabfor Polri.

Menurut Syahril, selain untuk mengidentifikasi penyebab utama dari kasus misterius tersebut, pemeriksaan laboratorium juga dikhususkan untuk menemukan faktor risiko yang menyebabkan gangguan gagal ginjal akut yang mayoritas menyerang anak-anak ini.

"Saat ini Kementerian Kesehatan dan BPOM masih terus menelusuri dan meneliti secara komprehensif termasuk kemungkinan faktor risiko lainnya," kata Syahril.

Sebelumnya, telah beredar foto yang mencantumkan 15 daftar obat yang masih mengandung senyawa berbahaya, yaitu etilen glikol. Etilen glikol sendiri merupakan kandungan yang diduga sebagai penyebab dari munculnya gangguan gagal ginjal akut pada anak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper