Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Soroti Tragedi Kanjuruhan, Fadli Zon Minta Kapolda Jatim Diganti

Fadli Zon meminta Kapolda Jawa Timur Nico Afinta diganti akibat tragedi Stadion Kanjuruhan yang menewaskan setidaknya 125 orang.
Surya Dua Artha Simanjuntak
Surya Dua Artha Simanjuntak - Bisnis.com 05 Oktober 2022  |  16:02 WIB
Soroti Tragedi Kanjuruhan, Fadli Zon Minta Kapolda Jatim Diganti
Anggota DPR RI dari Fraksi Gerindra Fadli Zon - Tangkapan layar Youtube Fadli Zon Official
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Anggota DPR Fadli Zon berharap Kapolda Jawa Timur (Jatim) Nico Afinta diganti akibat tragedi Stadion Kanjuruhan. Tragedi Kanjuruhan menewaskan setidaknya 125 orang.

Fadli menuturkan bahwa Kapolda Jatim harus bertanggung jawab atas Tragedi Kanjuruhan. Apalagi, lanjutnya, banyak masyarakat yang sudah meminta Nico Afinta dicopot.

“Harusnya ada yang bertanggung jawab ya. Kalau saya lihat sih harusnya Kapolda juga diganti saja, kan itu aspirasi masyarakat juga jadi harus sensitiflah melihat begitu,” ujar Fadli saat ditemui di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (5/10/2022).

Dia mengatakan, kalau kejadian seperti tragedi Kanjuruhan ada di luar negeri, pasti pejabat yang punya tanggung jawab akan mundur. Fadli mencontohkan kasus penembakan mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe.

“Sebenernya kalau di luar negeri itu bukan dicopot ya, mundur. Jadi revolusi mentalnya tuh jalan, mereka mengundurkan diri. Baik itu Kapolres, Kapolda ya. Kejadian Shinzo Abe ya, bukan hanya mundur, bahkan ada yang bunuh diri. Ya karena gagal,” jelasnya.

Oleh sebab itu, Fadli ingin tradisi seperti itu jadi tradisi di Indonesia. Sayangnya, menurut Fadli, para pejabat Indonesia sering tak punya malu.

Diberitakan sebelumnya, Nico Afinta telah meminta maaf atas pengamanan yang dilakukan bawahannya saat pengendalian massa di Stadion Kanjuruhan pada Sabtu (1/10/2022) malam.

"Saya sebagai Kapolda Jatim ikut prihatin, menyesal, sekaligus minta maaf di dalam proses pengamanan yang sedang berjalan ada kekurangan," tutur Nico di Malang, Jawa Timur, Selasa (4/10/2022).

Nico memastikan akan melakukan evaluasi atas tragedi Stadion Kajuruhan Malang sehingga tidak lagi terjadi di kemudian hari yang mengakibatkan jatuh korban lagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Fadli Zon kapolda jatim Tragedi Kanjuruhan
Editor : Edi Suwiknyo
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top