Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PKS Sambut Baik NasDem Deklarasi Anies Capres 2024

PKS menyambut baik Partai NasDem yang mendeklarasikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai capres 2024.
Presiden PKS Ahmad Syaikhu/PKS
Presiden PKS Ahmad Syaikhu/PKS

Bisnis.com, JAKARTA - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menyambut baik Partai Nasional Demokrat (NasDem) yang mendeklarasikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres) pada Pemilu 2024, Senin (3/10/2022). Mereka juga memberikan selamat kepada Partai NasDem atas keputusan tersebut.

Sebelumnya, NasDem mengusulkan tiga nama dalam rapat kerja nasional (rakernas) pada Juni silam. Ketiga nama tersebut: Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Andika Perkasa.

"Partai Keadilan Sejahtera mengucapkan selamat kepada Partai Nasdem yang telah memutuskan untuk mendeklarasikan Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan sebagai Bakal Calon Presiden Republik Indonesia," kata Presiden PKS Ahmad Syaikhu dalam keterangannya, dikutip Senin (3/10/2022).

Dia berharap keputusan NasDem mendekati Anies Baswedan mendatangkan kebaikan untuk kemajuan Bangsa Indonesia. PKS memandang bahwa Anies merupakan salah satu tokoh nasional yang memiliki rekam jejak kepemimpinan yang baik dan berjiwa nasionalis religius.

"Serta memiliki kapasitas untuk memimpin bangsa dan mampu menjadi simbol perubahan untuk Indonesia di masa mendatang," kata Ahmad Syaikhu.

PKS juga menghormati sikap politik Partai Nasdem yang memilih lebih awal untuk mendeklarasikan capres. Menurutnya, setiap partai politik memiliki mekanisme internal dalam memutuskan sikapnya terkait koalisi dan pencapresan.

"Keputusan koalisi dan pencapresan di internal PKS akan ditentukan dalam mekanisme Musyawarah Majelis Syuro," katanya.

Meskipun belum ada sinyal koalisi, dia menyampaikan bahwa komunikasi politik antara PKS dan Partai Nasdem berlangsung baik. Dia juga menyinggung soal kedekatan dengan Partai Demokrat.

"Komunikasi terbuka, setara dan mengedepankan rasa saling percaya untuk bersama-sama memilih calon pemimpin bangsa yang terbaik bagi rakyat Indonesia," tandasnya.

Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh resmi mendeklarasikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjadi calon presiden (capres) usungan partainya untuk Pilpres 2024 hari ini. Dia mengatakan, dirinya telah beberapa lama memilih nama-nama bakal capres yang akan diusung NasDem.

Surya menegaskan, NasDem memilih setiap bakal capres dari setiap golongan, tanpa memandang identitas. Oleh sebab itu, menurutnya, capres yang diusung NasDem merupakan yang terbaik.

"Makanya yang ingin dicari Nasdem adalah yang terbaik daripada yang paling baik. Inilah makkanya Nasdem memilih sosok Anies Baswedan," kata Surya di Ballroom NasDem Tower, Jakarta, Senin (3/10/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper