Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Hari Kesaktian Pancasila, Ini Pesan Nadiem Makarim

Nadiem Makarim mengatakan saktinya Pancasila terletak bagaimana menjadikan nilai-nilai di dalamnya sebagai petunjuk dan tujuan hidup sehari-hari.
Indra Gunawan
Indra Gunawan - Bisnis.com 01 Oktober 2022  |  09:15 WIB
Hari Kesaktian Pancasila, Ini Pesan Nadiem Makarim
Mendikbudristek Nadiem Makarim memimpin upacara Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Jumat (13/5/2022). JIBI - Bisnis/Nancy Junita
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim mengatakan saktinya Pancasila terletak bagaimana menjadikan nilai-nilai di dalamnya sebagai petunjuk dan tujuan hidup sehari-hari sebagai Bangsa Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Nadiem dalam pidato memperingati Hari Kesaktian Pancasila 2022 yang disiarkan lewat Youtube Kemendikbudristek, Jumat (30/9/2022).

“Pancasila terletak kepada komitmen bersama kita mewujudkan kemerdekaan yang sebenar-benarnya merdeka bagi seluruh masyarakat Indonesia untuk belajar dan berkarya,” ujarnya.

Dia juga menyampaikan Kemendikbudristek telah berkomitmen untuk terus menghadirkan transformasi yang selalu sejalan dengan pesan Bung Karno dalam pidato lahirnya Pancasila, yakni bahwa di atas kelima dasar Pancasila kita mendirikan negara Indonesia kekal dan abadi.

Untuk itu, ujarnya, di atas kelima dasar Pancasila Nadiem mengajak terus bergerak serentak mewujudkan Merdeka Belajar dan Merdeka Berbudaya membawa Indonesia ke masa depan.

“Kita perlu bergotong royong untuk mewujudkan satuan pendidikan dan ruang-ruang kebudayaan yang aman dan nyaman, yang mengedepankan nilai-nilai inklusivitas, toleransi, serta bebas dari kekerasan,” tegasnya.

Nadiem mengatakan bahwa dirinya bangga bahwa tahun ini Indonesia telah menunjukkan pada dunia bahwa Indonesia mampu pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat.

“Di forum-forum internasional seperti G20 serta Transforming Education Summit dan MONDIACULT yang diselenggarakan PBB kita memperkenalkan nilai-nilai luhur yang menjadi identitas bangsa Indonesia seperti gotong royong, Bhinneka Tunggal Ika serta Pancasila,” ungkap Nadiem.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Nadiem Makarim pancasila Kemendikbudristek
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top