Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BMKG: Aktivitas Sesar Renun, Gempa 6.0 SR Melanda Sumatra Utara

BMKG menilai bahwa gempa bumi hari ini di Tapanuli Utara terjadi karena aktivitas sesar besar segmen Renun.
Novita Sari Simamora
Novita Sari Simamora - Bisnis.com 01 Oktober 2022  |  08:26 WIB
BMKG: Aktivitas Sesar Renun, Gempa 6.0 SR Melanda Sumatra Utara
Grafik hasil pencatatan seismometer/seismograf, alat pencatat besaran gempa bumi. Gempa bumi terjadi di Sumatra Utara - Reuters
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Gempa hari ini berkekuatan 6 magnitudo melanda Tapanuli Utara. Gempa ini terjadi sekurangnya 3 kali.

Dikutip dari situs Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) pada Sabtu (1/10/2022), telah terjadi gampa berkekuatan di atas 5 magnitudo sebanyak 3 kali, pada kedalaman 10 km.

Gempa hari ini terjadi pada pukul 02.28 WIB. Warga yang berada di Tapanuli Utara, Sumatra Utara disarankan untuk tetap hati-hati, mengingat adanya gempa susulan.

BMKG menilai bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami. Lokasi gempa tepatnya di 2.13 lintang utara dan 98.89 bujur timur. Adapun gempa bumi hari ini di Tapanuli Utara terjadi karena aktivitas sesar besar segmen Renun.

pusat gempa di sumatra sumut hari ini tapanuli utara

Jenis dan mekanisme gempa bumi, terjadi karena pergerakan dangkal di Sesar Besar Sumatra segmen Renun. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan geser (strike-slip ).

BMKG mencatatkan gempa bumi hari ini dirasakan di daerah Tarutung dengan skala intensitas VI MMI ( Getaran dirasakan oleh semua penduduk. Kebanyakan semua terkejut dan lari keluar), daerah Sipahutar dengan skala intensitas V MMI ( Getaran dirasakan hampir semua penduduk.

Saat dini hari, banyak orang-orang banyak terbangun dan berhamburan lari ke luar rumah. Bila diilustrasikan, getaran gempa seakan akan truk berlalu. Berdasarkan  informasi sementara gempa bumi ini menimbulkan kerusakan pada beberapa rumah warga di Tapanuli.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

BMKG sumatra utara gempa
Editor : Novita Sari Simamora
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top