Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Korut Kembali Tembakkan Rudal Balistik Saat Wapres AS Berangkat dari Korsel

Korut kembali menembakkan Rudal Balistik saat Wapres AS, Kamala Harris berangkat dari Korsel. Ini adalah rudal keempat Korut sejak Harris berkunjung ke Asia.
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 30 September 2022  |  10:11 WIB
Korut Kembali Tembakkan Rudal Balistik Saat Wapres AS Berangkat dari Korsel
Korut Kembali Tembakkan Rudal Balistik Saat Wapres ASBerangkat dari Korsel. Suasana. Ilustrasi rudal Korea Utara - Antara
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pihak militer Korea Selatan menyebut Korea Utara telah menembakkan setidaknya satu rudal balistik ke arah perairan timur.

Peluncuran rudal terjadi beberapa jam setelah Wakil Presiden AS Kamala Harris berangkat dari Korea Selatan, kunjungan terakhir dari perjalanannya ke Asia selama 4 hari. Dalam kunjungan itu Harris menekankan komitmen AS untuk membela sekutunya dalam menghadapi meningkatnya ancaman Korea Utara sebagaimana dikutip CNBC.com, Jumat (30/9/2022).

Peluncuran rudal itu adalah putaran ketiga uji coba rudal oleh Korea Utara pada minggu ini. Korea Utara menguji coba dua rudal balistik pada hari Rabu, sehari sebelum Harris mengunjungi Korea Selatan dan satu sebelum dia meninggalkan Washington pada hari Minggu.

Kamala Harris mengakhiri perjalanan 4 harinya ke Asia dengan berhenti pada hari Kamis di Zona Demiliterisasi (demilitarized zone/ DMZ) yang membelah Semenanjung Korea. Di sana dia menekankan komitmen tegas AS terhadap keamanan sekutu Asia-nya yang berkonflik dengan Korea Utara.

Kunjungan tersebut dilakukan setelah peluncuran rudal terbaru Korea Utara dan di tengah kekhawatiran bahwa negara tersebut akan melakukan uji coba nuklir.

Adapuyn, mengunjungi DMZ telah menjadi semacam ritual bagi para pemimpin Amerika Serikat (AS) yang berharap dapat menunjukkan tekad mereka untuk berdiri teguh melawan agresi. Di sana , Harris pergi ke puncak bukit, dekat menara penjaga dan kamera keamanan. 

Dia melihat melalui teropong besar ketika seorang perwira Korea Selatan menunjukkan instalasi militer di sisi selatan. Kemudian seorang perwira AS menunjukkan beberapa benteng pertahanan di sepanjang garis demarkasi militer, termasuk pagar kawat berduri dan ranjau tanah.

Harris kemudian mengunjungi salah satu deretan bangunan biru yang mengangkangi garis demarkasi. Sementara itu, seorang perwira AS menjelaskan bagaimana bangunan tersebut masih digunakan untuk melakukan negosiasi dengan Korea Utara. Terkadang mereka mengirim pesan bolak-balik dan megafon.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Korea Utara korea selatan rudal amerika serikat Kamala Harris
Editor : Aprianus Doni Tolok
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top