Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Menko PMK Pastikan Pesawat Ketiga Bantuan Pakistan Berangkat Oktober

Indonesia mengirimkan bantuan untuk korban banjir di Pakistan yang diberangkatkan pada hari ini dan 3 Oktober mendatang.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 26 September 2022  |  15:41 WIB
Menko PMK Pastikan Pesawat Ketiga Bantuan Pakistan Berangkat Oktober
Menko PMK Pastikan Pesawat Ketiga Bantuan Pakistan Berangkat Oktober. Presiden Joko Widodo melepas keberangkatan pengiriman bantuan Pemerintah Indonesia untuk para korban bencana banjir di Pakistan pada Senin (26/9/2022) di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur. JIBI - Bisnis/Akbar Evandio\\r\\n
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyampaikan bahwa bantuan kemanusiaan untuk korban banjir dan tanah longsor di Pakistan akan dikirimkan hari ini, Senin (26/9/2022) dan selanjutnya pada 3 Oktober 2022.

"Sekarang [pesawat] sudah siap-siap berangkat, dan yang satu lagi pesawat akan berangkat nanti malam, dan akan disertai oleh rombongan yang akan mewakili pemerintah Indonesia di sana, yang akan saya pimpin langsung. Tadi mendapat perintah langsung dari Bapak Presiden untuk saya berangkat bersama Kepala BNPB dan rombongan termasuk dari perwakilan NGO," tuturnya kepada wartawan, Senin (26/9/2022).

Lebih lanjut, dia menjelaskan bahwa bantuan berkisar tentang kebutuhan dasar seperti peralatan sehari-hari seperti tenda, pakaian, selimut, kantung tidur, generator, serta obat-obatan dan bahan medis.

"Kemudian, dipesan Bapak Presiden terutama pakaian-pakaian anak dan perempuan yang biasanya itu agak terabaikan dan kita memberi sudah menyiapkan ada 10.000 boks untuk bantuan pakaian dan alat yang dibutuhkan untuk anak dan perempuan," tuturnya.

Selain itu, dia menyebutkan bahwa nanti juga akan ada bantuan dari organisasi kemasyarakatan termasuk NGO yang sudah disiapkan untuk menyusul pada Senin, 3 Oktober 2022.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letnan Jenderal TNI Suharyanto melanjutkan bahwa sudah ada 24 organisasi massa yang akan menyusul pada tanggal tersebut.

"Ada Arta Graha Peduli, ada yayasan BUMN, ada Laznas, ada doimpet dhuafa, semuanya memberikan bantuan sesuai dengan kemampuan masing-masing dan nanti pemerintah akan memfasilitasi dengan memberangkatkan dengan pesawat yang ketiga termasuk tim medis yang akan diberangkatkan," katanya. 

Senada, Pendiri Artha Graha Peduli, Tomy Winata menyampaikan terima kasih kepada pemerintah telah dilibatkan dalam pengiriman bantuan ke Pakistan. Dia menyatakan komitmennya untuk selalu berperan aktif dan bergotong royong membantu masyarakat.

"Selama dalam batas kemampuan kami, selalu ingin dan terpanggil untuk berperan aktif bergotong royong, bersama-sama dengan semua masyarakat dan juga pengusaha. Atas anjuran pemerintah dan bimbingan pemerintah pusat maupun pemerintah daerah, termasuk Bapak Menko PMK dan Kepala BNPB, kami mengucapkan terima kasih Artha Graha Peduli diikutsertakan," ujar Tomy.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pakistan muhadjir effendy banjir artha graha
Editor : Aprianus Doni Tolok
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top