Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Simak 5 Negara Termuda di Dunia, Jarang diketahui Banyak Orang

Berikut beberapa negara termuda di dunia, bahkan ada negara yang baru merdeka pada tahun 2000-an yang dulunya bagian dari Indonesia.
Negara termuda di dunia.
Negara termuda di dunia.

Bisnis.com, JAKARTA - Ada 195 negara yang diakui secara resmi dan terdaftar menjadi anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Dalam daftar negara yang tergabung dalam PBB tersebut, ada beberapa negara yang termasuk negara termuda di dunia. 

Negara-negara baru ini masuk ke dalam deretan negara termuda di dunia, karena terbentuk pada dekade 1990-an dan 2000-an. Terbentuknya negara-negara ini, utamanya karena memisahkan diri dengan negara lain. 

Berikut ini beberapa negara termuda di dunia yang sudah dilansir dari berbagai sumber:

1. Sudan Selatan (2011)

Sudan selatan merupakan negara terbaru yang ada di dunia, yang mendeklarasikan kemerdekaan pada tanggal 9 Juli 2011. Saat ini, negara Sudan yang berlokasikan di Afrika Timur telah diakui sebagai anggota PBB. Sudan Selatan berbatasan dengan Ethiopia, Sudan dan juga Republik Afrika Tengah. 

Sudah selatan sebelumnya merupakan bagian dari Sudan, yang memiliki sejarah Panjang sebelum merdeka. Menurut sejarah, Sudan diduduki oleh Inggris kemudian Mesir dari 1899 hingga 1956. 

Sebelumnya Sudan Selatan menyatakan kemerdekaan, terjadi dua kali perang saudara di Sudan, yang berlangsung dari 1972 hingga 2005. Kemudian, pada 2005,Sudan selatan sudah menjadi otonom. Kemerdekaan Sudan Selatan akhirnya diperoleh melalui referendum yang dilakukan pada Januari tahun 2011. 

2. Timor Leste (2002)

Timor Leste dulu pernah menjadi bagian dari Indonesia. Kemudian Timor Leste resmi menjadi negara pada 20 Mei 2011. Berdasarkan sejarah, Timor Leste dijajah oleh Portugal abad ke -16. Timor Leste menjadi bagian Indonesia selama 24 tahun sejak tahun 1999, pemerintah Indonesia menyelenggarakan referendum, yang memberikan pilihan kepada rakyat Timor Leste antara menerima usulan pemerintah status otonomi dalam Indonesia atau merdeka. 

3. Slovakia (1993)

Tanggal merdeka Slovakia pada tanggal 1 Januari 1993. Ibukota negara Slovakia adalah Bratislava. Sebelumnya negara Slovakia bagian dari Cekoslowakia yang memperoleh kedaulatan Bersama republik dengan Ceko. 

Sebelumnya Cekoslowakia pertama kali dibentuk Ketika Perang Dunia I. negara Slovakia memiliki sejarah Panjang seperti perang dan kudeta. Tahun 1948, Cekoslowakia berada dibawah pemerintahan komunis. Saat itu Cekoslowakia menjadi bagian dari blok Timur yang dipimpin oleh Soviet. 

4. Eritrea (1993)

Eritrea mendapatkan kemerdekaan secara de facto pada tahun 1991. Kemudian Eritrea mendapatkan kemerdekaan secara de jure pada 27 April 1993. Sebelum merdeka, Eritrea berusaha mendapatkan kemerdekaan selama 3 dekade. Pada abad ke-16, Eritrea diduduki oleh Ottoman selama beberapa dekade. Kemudian Portugis datang sebagai negara Eropa yang pertama kali berada di Eritrea. Eritrea sempat menjadi negara federasi dengan Ethiopia dibawah dorongan Amerika Serikat pada tahun 1950-an. 

5. Palau (1994)

Palau disebut juga dengan Republik Palau yang berada di bagian barat Pasifik. Negara Palau memiliki banyak pulau-pulau kecil. Dulu, Palau menjadi dijajah oleh orang Eropa pada abad ke-16. 

Spanyol menjadi negara bagian pertama yang menjajah kepulauan Palau. Pada tahun 1574, Palau menjadi bagian dari Hindia Timur Spanyol. Setelah perang dunia II, Palau menjadi bagian kepulauan pasifik yang berada di bawah kendali Amerika Serikat. Pada 1 Oktober 1994, Palau resmi menjadi negara yang berdaulat. 

Itulah beberapa negara termuda di dunia yang harus kamu ketahui, semoga bermanfaat untuk menambah wawasan. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hana Fathina
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper