Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Para Dubes LBBP Incar Peningkatan Kerja Sama Ekonomi dengan Indonesia

Sejumlah dubes menyampaikan keinginan untuk terus meningkatkan hubungan dan kerja sama antara negaranya dengan Indonesia, terutama di bidang ekonomi.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 13 September 2022  |  15:14 WIB
Para Dubes LBBP Incar Peningkatan Kerja Sama Ekonomi dengan Indonesia
Para Dubes LBBP Incar Peningkatan Kerja Sama Ekonomi dengan Indonesia. JIBI - Bisnis/Nancy Junita @jokowi
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Para duta besar (dubes) luar biasa dan berkuasa penuh (LBBP) dari delapan negara sahabat menyerahkan surat kepercayaan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan, Jakarta, pada Selasa (13/9/2022).

Sejumlah dubes menyampaikan keinginan mereka untuk terus meningkatkan hubungan dan kerja sama antara negaranya dengan Indonesia, terutama di bidang ekonomi.

Duta Besar LBBP Kanada untuk Republik Indonesia, Nadia Burger mengatakan bahwa Kanada dan Indonesia memiliki hubungan yang kuat dan berkembang.

Tahun ini, Indonesia dan Kanada merayakan 70 tahun hubungan diplomatik dan dia ingin meningkatkan potensi kerja sama di berbagai bidang antara kedua negara.

"Tentu saja kami melibatkan banyak bidang, ekonomi, diplomatik, dan pertahanan dan banyak bidang lainnya. Saya terkesan dan terpesona oleh potensi kami untuk berbuat lebih banyak. Jadi itulah yang ingin saya lakukan selama masa jabatan saya di sini," ujarnya dikutip melalui rilis BPMI Setpres, Rabu (13/9/2022).

Selanjutnya, Duta Besar LBBP Kerajaan Thailand untuk Republik Indonesia Prapan Disyatat mengatakan bahwa Indonesia dan Thailand telah memiliki hubungan lama dan memiliki ikatan kuat sebagai sesama anggota Asean.

Dia pun berharap ke depannya kedua negara bisa fokus pada kerja sama ekonomi terutama pascapandemi Covid-19.

"Saya pikir saat kita keluar dari Covid sekarang, kedua negara fokus pada kerja sama ekonomi dan itu salah satu bidang yang dapat kita perkuat sekarang baik dalam perdagangan dan investasi tetapi juga di bidang pariwisata dalam masalah kesehatan dan juga ekonomi digital," katanya.

Sementara itu, Duta Besar LBBP Republik Austria untuk Republik Indonesia Thomas Loidl mengatakan bahwa meski secara geografis Austria dan Indonesia cukup jauh, tetapi kedua negara memiliki beberapa kesamaan.

Sebagai duta besar, dia bertekad untuk lebih mempererat hubungan Austria dengan Indonesia terutama di saat sekarang yang dinilainya sebagai masa penting bagi Indonesia.

"Adalah tugas saya untuk lebih mempererat hubungan antara Austria sebagai anggota Uni Eropa dan Indonesia. Saatnya penting bagi Indonesia, Indonesia menjadi ketua G20 tahun ini, Indonesia akan menjadi ketua Asean tahun depan. Sehingga banyak peluang bagi Austria dan Indonesia untuk bekerja sama secara bilateral tetapi juga multilateral," tuturnya.

Dukungan bagi kepemimpinan Indonesia di G20 dan Asean juga datang dari Duta Besar LBBP Republik Singapura untuk Republik Indonesia Kwok Fook Seng.

Menurutnya Indonesia dan Singapura memiliki sejarah panjang sebagai tetangga yang sangat dekat dan teman baik.

"Di masa depan kami memiliki banyak tantangan bersama yang akan menyatukan kami dalam kerja sama. Tahun ini kami telah mendukung presidensi G20 Indonesia, tahun depan kami akan melakukan hal yang sama untuk kepemimpinan Asean Indonesia dan saya menantikan jenis kerja sama baru antara kedua negara kita termasuk dalam teknologi, keberlanjutan, dan ekonomi baru," katanya.

Keinginan untuk melakukan peningkatan kemitraan dalam bidang ekonomi baru juga disampaikan oleh Duta Besar LBBP Kerajaan Belgia untuk Republik Indonesia Frank L.L Felix.

Dia mengatakan, hubungan baik yang telah terjalin antara Indonesia dan Belgia perlu ditingkatkan secara ekonomi, antara lain dalam bidang ekonomi biru hingga pertanian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi duta besar kerja sama
Editor : Aprianus Doni Tolok
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top