Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Soal Bakal Capres, PPP Dekati Sandiaga Uno

Meskipun Sandiaga Uno kader Partai Gerindra, PPP tidak menutup kemungkinan mengusungnya jadi capres di Pilpres 2024.
Surya Dua Artha Simanjuntak
Surya Dua Artha Simanjuntak - Bisnis.com 12 September 2022  |  23:26 WIB
Soal Bakal Capres, PPP Dekati Sandiaga Uno
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno setelah melaksanakan salat Iduladha 1443 Hijriah, Minggu (10/7/2022) di Masjid Istiqlal, Jakarta. - Bisnis/Akbar Evandio
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Partai Persatuan Pembangunan (PPP) mengakui punya kedekatan dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, sehingga selalu ada kemungkinan dia akan diusung jadi calon presiden (capres) PPP untuk Pilpres 2024.

“Karena memang ada kedekatan, ada chemistry sebenarnya antara PPP dengan Bang Sandi,” ujar Ketua DPP PPP Bidang Fungsional Achmad Baidowi alias Awiek kepada awak media di Kantor KPU, Jakarta, Senin (12/9/2022).

Meski begitu, lanjut Awiek, PPP menghormati posisi Sandi sebagai kader Partai Gerindra. Menurutnya, PPP tak akan mengurusi urusan internal partai politik lain.

Dia mengakui Sandi sering menghadari acara yang diselenggarakan PPP. Namun, jelasnya, kapasitas Sandi saat itu sebagai Menparekraf, bukan yang lainnya. Di sisi lain, Awiek mengatakan Sandi punya hak jika ingin mendekatkan diri ke PPP.

“Itu hak beliau, ya tidak mungkin kita halang-halangi,” ujar Awiek.

Dia juga mengakui Sandi merupakan keponakan Suharso Monarfa. Menurut Awiek, meski Suharso telah dilengserkan dari jabatan ketua umum (ketum) PPP, Kepala Bappenas tersebut tetap akan merestui keponakannya tersebut jika diusung oleh PPP jadi bakal capres.

“Saya kira Pak Suharso seorang negarawan yang tidak akan membatasi, menutup ruang kader-kader terbaik, khususnya dari Gorontalo ya,” jelasnya.

Awiek juga menegaskan, pengusungan capres PPP juga harus lewat pembicaraan dengan Partai Golkar dan Partai Amanat Nasional (PAN), sebab ketiga partai tersebut sudah tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

Meski begitu, menurutnya KIB memberikan peluang sama kepada tokoh internal maupun eksternal koalisi untuk diusung jadi capres maupun cawapres di Pilpres  2024.

“Semua kita buka kesempatan, karena itu adalah tokoh-tokoh bangsa yang perlu diberikan ruang yang cukup untuk me-running melalui KIB,” ungkap Awiek.

Sebelumnya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia (Menparekraf) Sandiaga Uno menyerahkan wewenang sepenuhnya kepada Suharso Monoarfa terkait pengusungannya dirinya sebagai calon presiden (capres) di Pilpres 2024.

Saat menghadiri acara Workshop Nasional Anggota DPRD Fraksi PPP Se-Indonesia, Redtop Hotel, Jakarta Pusat, Selasa (6/9/2022), Sandi mengatakan pengusungan capres merupakan hak Suharso sebagai Ketua Umum PPP (sebelum dilengserkan-red). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ppp Pilpres 2024 sandiaga uno partai gerindra
Editor : Wahyu Arifin
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top