Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Simak 7 Alat Musik Jawa Tengah yang Mungkin Belum Kamu Tahu

Alat musik jawa tengah salah satunya berfungsi untuk sebagai penentu batas-batas gatra dan menegaskan irama.
Kendang merupakan salah satu alat musik Jawa Tengah yang populer
Kendang merupakan salah satu alat musik Jawa Tengah yang populer

Bisnis.com, JAKARTA - Ada banyak warisan budaya nenek moyang yang ada di tanah Jawa, salah satunya berbagai jenis alat musik. Apakah kamu tahu apa saja alat musik tradisional Jawa Tengah yang popular di Indonesia? Salah satu yang cukup familiar adalah gamelan. Mungkin masih ada beberapa orang yang menganggap gamelan itu sebuah alat musik. Ternyata bukan. Gamelan adalah ansambel atau perpaduan dari beberapa alat musik pentatonis yang dimainkan Bersama sehingga menciptakan harmonisasi yang indah. 

Masyarakat di Jawa Tengah tercatat sebagai salah satu kelompok masyarakat Indonesia yang sangat produktif, terutama dalam bidang kesenian dan kebudayaan. Tidak heran jika banyak alat musik dari Jawa Tengah yang telah diciptakan dan mampu menghasilkan musik yang sangat khas dan sangat indah di dengar. 

Berikut ini adalah beberapa alat musik Jawa Tengah yang sudah dilansir dari berbagai sumber: 

1. Siter 
Siter merupakan kata yang berasal dari Bahasa Belanda ‘citer’ dan Bahasa Inggris ‘zither, dalam gamelan. Alat musik siter digambarkan sebuah kotak resonator yang memiliki 11 senar yang masing-masing memiliki Panjang 30 cm. 

Cara memainkannya adalah dengan menarik senarnya menggunakan ibu jari, lalu jari lain menahan getaran senar setelah dipetik. Saat melakukan itu posisi jari tangan kiri berbeda di senar bagian atas. 

Ada juga celempung yang penampakannya seperti siter. Bedanya Panjang senar celempung adalah 90 cm dan kotaknya memiliki empat kaki, dan tinggi nadanya disetel satu oktaf di bawah siter. 

2. Demung 
Dalam pagelaran musik gamelan, umumnya ada 2 jenis demung yaitu demung nada pelog dan demung nada slendro. Dengan ukuran alat musik yang cukup besar, hasil suara yang dikeluarkan adalah nada oktaf yang rendah. 

Alat musik ini terbuat dari bahan kuningan dan dimainkan dengan cara dipukul menggunakan alat pemukul khusus. Untuk gendhing gangsaran yang menggambarkan kondisi peperangan. Misalnya, demung akan ditabuh dengan keras dan cepat. 

3. Kenong 
Alat musik ini, umumnya berfungsi sebagai penentu batas-batas gatra dan menegaskan irama. Kenong juga masuk dalam alat musik berpencu. Dari seluruh instrument gamelan, kenong merupakan alat musik yang bertubuh paling gemuk. Berbeda dengan gong yang meskipun bentuknya lebar namun tetap pipih. 

4. Gambang 
Gambang memiliki sumber suara sebanyak 20 buah bilah yang umumnya terbuat dari kayu atau bambu. Jika kamu memperhatikan bentuk resonatornya, ternyata mirip dengan perahu. Bagian di atas bibir kotak suara tersebut juga terlihat beberapa bilah kayu pada nada dalam bentuk persegi empat Panjang tipis. 

5. Slenthem
Alat musik ini memiliki bentuk bilah-bilah logam yang digantung di atas tabung-tabung. Bila dipukul akan menghasilkan bunyi dengung rendah. Sama seperti instrument lainnya pada gamelan, slenthem juga memiliki versi pelog dan juga slendro. 

6. Kendang 
Kendang memiliki 2 sisi tidak simetris di bagian sisi kulitnya. Sisi ini ditegangkan oleh tali dan kulit atau rotan, serta ditata dalam bentuk huruf ‘Y’. secara umum, kendang memiliki peran untuk menentukan irama dan tempo. 

7. Kempul 
Kempul merupakan alat musik tradisional Jawa Tengah yang termasuk ke dalam jenis instrumen keras. Dimana instrument keras tersebut diantaranya adalah pula bonang barung, gong, bonang penerus, kenong dan juga saron peking. 

Itulah alat musik jawa tengah yang mungkin kamu belum tahu, agar selalu dilestarikan alat musik tersebut. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hana Fathina
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper