Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Simak 10 Alat Musik Tradisional Indonesia dan Cara Memainkannya

Biasanya alat musik tradisional ini digunakan untuk mengiringi upacara adat, pertunjukan tari bahkan pertunjukan musik.
Gamelan merupakan alat musik tradisional yang berasal dari Jawa Tengah. Namun, tidak hanya dari provinsi tersebut, sebab gamelan juga sering ditemui di berbagai daerah di nusantara
Gamelan merupakan alat musik tradisional yang berasal dari Jawa Tengah. Namun, tidak hanya dari provinsi tersebut, sebab gamelan juga sering ditemui di berbagai daerah di nusantara

Bisnis.com, JAKARTA - Alat musik tradisional di Indonesia memiliki ciri khas dan keunikan yang beragam. Mulai dari bentuk hingga cara memainkannya. Dilansir dari buku Seni Musik Tradisi Nusantara karya Ketut Wisnawa, musik tradisional merupakan jenis musik yang lahir dan berkembang dari budaya daerah tertentu yang diwariskan secara turun temurun. 

Dengan kata lain, musik tradisional merupakan musik asli daerah yang tumbuh karena pengaruh adat istiadat, kepercayaan dan agama, sehingga musik daerah memiliki ciri khas masing-masing. Karakteristik yang khas dari musik daerah tertentu sangat dipengaruhi oleh alat musik tradisionalnya. 

Karakteristik yang khas dari musik daerah tentu sangat dipengaruhi oleh alat musik tradisionalnya. Karena keberagaman dan keunikannya, bahkan beberapa alat musik tradisional Indonesia sudah terkenal hingga mancanegara. 

Berikut ini beberapa contoh alat musik tradisional beserta penjelasannya yang sudah dilansir dari berbagai sumber:

1. Saluang 
Alat musik ini berasal dari Sumatera Barat. Alat musik ini terbuat dari bambu tipis atau bambu talang. Bambu talang dipercaya bisa mengeluarkan suara yang lebih bagus dan merdu. Alat musik saluang termasuk golongan seruling, tapi pembuatannya lebih sederhana. Cukup dengan membuat 4 lubang pada bambu talang. Sama seperti seruling pada umumnya, saluang dimainkan dengan cara ditiup. 

2. Gambang Camar 
Alat musik yang satu ini berasal dari Provinsi Riau. Gambang camar adalah jenis alat musik melodis yang dimainkan dengan cara dipukul menggunakan benda khusus. Gambang camar bentuknya seperti alat musik xilofon, yang terdiri dari 6 bilah kayu hitam. 

3. Cangor 
Cangor merupakan alat musik yang berasal dari Jambi. Cangor termasuk kedalam jenis musik idio kordofon. Alat musik ini terbuat dari bahan bambu yang dipotong dengan Panjang sekitar 40 cm, dan pada bagian kulit bambu dicungkil dan diganjal dengan bantalan kayu. 

4. Tenun 
Alat musik ini berasal dari sumatera selatan. Alat musik tradisional Indonesia ini dulunya sering digunakan Ketika para Wanita mengerjakan tenunan kain dan Namanya diambil dari kegiatan tenun. Bahan yang digunakan untuk membuat alat musik ini adalah dari kayu yang berbentuk persegi Panjang. Untuk memainkan alat musik tenun ini cukup mudah yaitu dengan cara dipukul. 

5. Gitar Dambus 
Alat musik ini berasal dari Bangka Belitung. Gitar dambus menyerupai dengan bentuk seperti buah labu yang dibelah menjadi dua. Pada bagian perut gitar dambus diberi lubang kosong dan dijadikan sebagai ruang resonansi. Lubang tersebut akan ditutup dengan kulit kera atau kijang. 

6. Serunai 
Alat musik ini berasal dari Bengkulu. Serunai merupakan alat musik tradisional Indonesia yang berasal dari Suku Pekal di Kabupaten Mukomuko dan berbentuk seperti terompet. Cara menggunakan alat musik ini adalah dengan cara ditiup. Serunai terbuat dari bambu yang tumbuh di tepi sungai, bambu tersebut harus tipis sehingga mudah diolah dan bersuara nyaring. 

7. Kompang 
Alat musik ini berasal dari Lampung. Kompang merupakan alat musik tradisional Indonesia yang terbuat dari kulit kambing. Alat musik kompang tersebar bersamaan dengan penyebaran agama Islam di Indonesia. Kompang digunakan dengan cara dipukul dan biasanya diiringi dengan lagu atau syair bernuansa islami. 

8. Angklung
Angklung berasal dari Jawa Barat. Alat musik ini terbuat dari bambu. Angklung tidak hanya dikenal di Indonesia, tapi juga di mancanegara. Banyak warga asing yang tertarik dengan alat musik yang berasal dari Jawa Barat ini. Cara memainkan angklung ini cukup mudah, kamu hanya perlu menggerakkan tangan sembari mengikuti ketukan anda. 

9. Gamelan 
Alat musik ini berasal dari Jawa Tengah. Namun, tidak hanya dari provinsi tersebut, sebab gamelan juga sering ditemui di berbagai daerah di nusantara, seperti misalnya Bali, madura dan Lombok. Alat musik ini diduga sudah ada di Jawa sejak tahun 404 Masehi, dilihat dari adanya penggambaran masa lalu di relief Candi Borobudur dan Prambanan. 

10. Genggong
Alat musik ini berasal dari Provinsi Bali. Bahan utama dari alat musik ini adalah pelepah aren dan Bambu. Cara menghasilkan suara yang unik dari alat musik ini adalah dengan menjadikan rongga mulut sebagai resonator sambil menarik-narik tali yang terdapat pada ujung genggong. Penggunaan alat musik tradisional ini sering kali ditemui dalam acara pernikahan. 

Itulah beberapa alat musik tradisional indonesia yang populer wajib kamu tahu, agar semakin tahu tentang budaya indonesia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hana Fathina
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper