Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Balas Dendam! AS Tangguhkan 26 Penerbangan dari 4 Maskapai China

Amerika Serikat menahan sementara penerbangan dari empat maskapai China dengan 26 penerbangan rute AS-China.
Ilustrasi Pesawat China Eastern Arlines./Istimewa
Ilustrasi Pesawat China Eastern Arlines./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA--Pemerintah AS menyatakan akan menahan sementara penerbangan dari empat maskapai China dengan 26 penerbangan rute AS-China.

Langkah itu diambil sebagai tanggapan atas keputusan pemerintah China menangguhkan beberapa penerbangan maskapai AS dari negara itu dengan dalih kasus Covid-19.

Keputusan tersebut akan memengaruhi penerbangan maskapai Xiamen, Air China, China Southern Airlines dan China Eastern Airlines mulai 5 September hingga 28 September.

Sedangkan Departemen Transportasi AS (USDOT) melaporkan pembatalan atas 26 penerbangan American Airlines, Delta Air Lines, dan United Airlines baru-baru ini terkait merebaknya kasus Covid-19.

Penangguhan tersebut termasuk 19 penerbangan tujuan China dari Los Angeles dan 7 penerbangan China Eastern dari New York seperti dikutip ChannelNewsAsia.com, Jumat (26/8/2022).

Juru bicara Kedutaan Besar China di Washington, Liu Pengyu mengatakan tindakan USDOT itu "sangat tidak bertanggung jawab" dan "menangguhkan penerbangan maskapai China tanpa alasan".

Pihak Kedutaan Besar China mengatakan langkah-langkah "pemutus sirkuit" Covid-19 sangat adil dan transparan. Langkah itu diterapkan baik pada maskapai penerbangan China maupun asing dan konsisten dengan perjanjian transportasi udara bilateral.

USDOT menyatakan pada 7 Agustus otoritas China telah merevisi kebijakan mereka sehingga jika jumlah penumpang dalam penerbangan ke China yang dites positif Covid-19 mencapai empat persen dari jumlah total maka satu penerbangan akan ditangguhkan

.Sedangkan jika mencapai delapan persen maka dua penerbangan akan ditangguhkan.

USDOT menyebutkan AS telah berulang kali mengajukan keberatan kepada China dengan mengatakan aturan tersebut menempatkan "kesalahan yang tidak semestinya pada operator" ketika para pelancong dites negatif sebelum naik penerbangan mereka dari Amerika Serikat dan dites positif Covid-19 setelah kedatangan mereka di China".

Beijing dan Washington telah berdebat tentang layanan udara sejak awal pandemi. Pada bulan Januari, Departemen Perhubungan menangguhkan 44 penerbangan tujuan China dari Amerika Serikat oleh empat maskapai China sebagai tanggapan atas keputusan China menangguhkan 44 penerbangan oleh operator AS.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Edi Suwiknyo

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper