Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Deretan Baju Adat yang Dikenakan Jokowi di 6 Tahun Terakhir HUT Kemerdekaan RI

Berikut daftar baju adat yang dipakai Jokowi di Kemerdekaan RI selama menjabat jadi Presiden.
Jokowi memakai baju adat Buton di upacara HUT ke-77 RI/setkab
Jokowi memakai baju adat Buton di upacara HUT ke-77 RI/setkab

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengenakan pakaian adat daerah dalam Upacara Detik-Detik Proklamasi. Pada upacara peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-77 kemerdekaan RI pada Rabu (17/08/2022).

Kali ini, Presiden memilih baju adat asal Buton, Provinsi Sulawesi Tenggara.

“Ini baju dari Buton, Sulawesi Tenggara. Ini baju Dolomani dari Buton,” ujar Presiden Jokowi menjawab pertanyaan wartawan di halaman Istana Merdeka, Jakarta, beberapa waktu sebelum upacara dimulai dilansir dari Setkab.go.id.

Menurut Presiden Jokowi, Indonesia memiliki kekayaan adat budaya yang sangat tinggi, termasuk dalam hal pakaian adat. Untuk itu, Presiden akan terus mengangkat berbagai pakaian adat tersebut untuk dipakai dalam berbagai kesempatan.

Presiden Jokowi memang kerap mengenakan baju adat dalam tiap perayaan HUT kemerdekaan RI. Berikut daftar baju adat yang dipakai Jokowi di Kemerdekaan RI selama menjabat jadi Presiden.

1. Pada perayaan HUT ke-72 RI pada 17 Agustus 2017, Presiden mengenakan pakaian adat Tanah Bumbu, Batulicin, Provinsi Kalimantan Selatan.

2. Pada HUT ke-73 RI pada 17 Agustus 2018, Presiden Jokowi memilih pakaian adat Aceh untuk dikenakan. Selanjutnya pada HUT ke-74 RI tahun 2019, Presiden Jokowi mengenakan baju adat Klungkung dari Provinsi Bali.

3. Presiden Jokowi mengenakan baju adat Klungkung dari Bali saat Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi di Istana Merdeka Jakarta, 17 Agustus 2019. Dia menggunakan baju adat Klungkung lengkap dengan kain batik sebagi bawahan dan penutup kepala.

4. Pada HUT ke-75 RI tahun 2020, Kepala Negara mengenakan pakaian adat Timor Tengah Selatan dari Provinsi Nusa Tenggara Timur, dengan kain tenun Berantai Kaif Nunkolo.

5. Pada HUT ke-76 RI tahun 2021 lalu, Presiden memilih untuk mengenakan baju adat Pepadun dari Provinsi Lampung.

6. HUT ke-77 RI tahun 2022 kali ini, Presiden memakai baju adat asal Buton, Provinsi Sulawesi Tenggara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper