Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Erick Thohir Kenakan Baju Adat Rote NTT pada HUT ke-77 Kemerdekaan RI

Erick Thohir mengenakan baju adat asal Rote, Provinsi NTT, pada perayaan HUT ke-77 Kemerdekaan RI.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 17 Agustus 2022  |  09:30 WIB
Erick Thohir Kenakan Baju Adat Rote NTT pada HUT ke-77 Kemerdekaan RI
Erick Thohir mengenakan baju adat asal Rote, Provinsi NTT, pada perayaan HUT ke-77 Kemerdekaan RI - Bisnis / Akbar Evandio
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir terlihat mengenakan pakaian adat daerah dalam Upacara Detik-Detik Proklamasi.

Pada upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan RI pada Rabu, 17 Agustus 2022, Erick terlihat memilih baju adat asal Rote, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Pakaian adat Suku Rote adalah yang menjadi simbol pakaian adat NTT di tingkat nasional. Pakaian tersebut terpilih sebab mempunyai model yang khas atau unik juga sarat dengan nilai filosofis. Diantara keunikannya terdapat pada bentuk desain Ti’i Langga.

Ti’i Langga merupakan sebuah penutup kepala berbentuk mirip topi sombrero khas Meksiko yang terbuat dari daun lontar kering. Selain sebagai aksesoris, topi adat suku Rote tersebut juga sebagai simbol kewibawaan dan kepercayaan diri bagi kaum laki-laki suku Rote.

Topi Ti’i Langga merupakan aksesoris utama dari pakaian adat Rote dengan nama pakaian Tenun Ikat. Sesuai namanya, pakaian tenun ikat ini didominasi oleh kain tenun khas Rote. Bagi kaum pria Rote, busana atasannya berupa kemeja putih berlengan panjang dan busana bawahannya adalah sarung tenun ikat berwarna gelap.

Untuk penutup dada juga diselempangkan selendang dari kain dengan motif yang sama di bahu, sedangkan bagi kaum perempuan Rote, kombinasi kebaya dan bawahan berbentuk tenunan tangan menjadi pilihan utama.

Menurut pantauan Bisnis, Erick terlihat menghampiri tamu undangan yang hadir di tenda undangan dan menyapa undangan di tenda utama termasuk para duta besar negara sahabat yang hadir dengan pakaian adat dengan dominasi warna hitam tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

erick thohir HUT Kemerdekaan RI
Editor : Aprianus Doni Tolok
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top