Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Sejarah dan Lirik Lagu Mengheningkan Cipta

Lagu Mengheningkan Cipta dinyanyikan untuk menghormati pengorbanan yang telah dilakukan para pahlawan pejuang bangsa yang telah gugur.
Alifian Asmaaysi
Alifian Asmaaysi - Bisnis.com 16 Agustus 2022  |  16:04 WIB
Ini Sejarah dan Lirik Lagu Mengheningkan Cipta
Presiden Joko Widodo selaku inspektur upacara mengheningkan cipta saat Upacara Ziarah Nasional di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama Kalibata, Jakarta, Kamis (10/11). - Antara/Widodo S. Jusuf
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Mengheningkan Cipta merupakan salah satu lagu  nasional yang kerap dinyanyikan dalam rangkaian upacara bendera. Mengheningkan Cipta dilakukan guna mengenang segala bentuk pengorbanan yang telah dilakukan para pahlawan pejuang bangsa yang telah gugur.

Pada prosesi upacara bendera, mengheningkan cipta umumnya dilakukan usai Sang Saka Merah Putih dikibarkan. Berikut, seluruh penggal Lirik Mengheningkan Cipta yang penting untuk diketahui.

Dengan seluruh angkasa raya memuji

Pahlawan negara

Nan gugur remaja diribaan bendera

Bela nusa bangsa

Kau kukenang

Wahai bunga putra bangsa

Harga...

Jasa...

Kau cahya pelita

Bagi Indonesia

Merdeka

Pencipta dan Sejarahnya

Untuk diketahui, tembang mengheningkan cipta digubah oleh seorang seniman sekaligus komposer andal asal Solo, bernama Truno Prawit. Truno Prawit adalah sosok yang lahir di Surakarta, Jawa Tengah pada 1915.

Kemampuan bermusik Truno Prawit kian tajam usai dirinya mengasah skillnya saat terlibat dalam Staf Musik Keraton Surakarta. Salah satu tembang gubahannya yang paling terkenal ialah Mengheningkan Cipta.

Dalam sejarahnya, kegiatan merenungi perjuangan perlawanan para pahlawan bangsa pertama kali diprakarsai oleh Ir. Soekarno saat 1958 pada upacara peringatan Hari Pahlawan.

Sejak saat itulah kegiatan Mengenang para pahlawan sembari melantunkan tembang “Mengheningkan Cipta” kerap dilakukan dalam bagian dari upacara bendera.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pahlawan nasional. hari kemerdekaan hut proklamasi kemerdekaan
Editor : Novita Sari Simamora
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top