Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Koalisi Gerindra-PKB: Capres dari Gerindra, Cawapres dari PKB

Gerindra akan mengumumkan koalisi dengan Partai Gerindra pada Sabtu (13/8/2022). Koalisi akan mengusung Prabowo sebagai capres, sementara cawapres dari PKB.
Surya Dua Artha Simanjuntak
Surya Dua Artha Simanjuntak - Bisnis.com 12 Agustus 2022  |  18:13 WIB
Koalisi Gerindra-PKB: Capres dari Gerindra, Cawapres dari PKB
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kiri) bersalam komando dengan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (kanan) usai mendaftarkan partainya masing-masing sebagai calon peserta Pemilu 2024 di Gedung KPU, Jakarta, Senin (8/8/2022). Gerindra menjadi partai ke-17 dan PKB menjadi partai ke-18 yang mendaftar sebagai calon peserta Pemilu 2024 ke KPU. ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso - wsj.
Bagikan

Bisnis.com, BOGOR - Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan deklarasi koalisi antara Gerindra dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) akan diadakan besok, Sabtu (13/8/2022). Koalisi akan mengusung Prabowo sebagai capres, sedangkan cawapres bisa dari PKB.

Sebagai informasi, Gerindra menggelar Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) pada 12 - 13 Agustus 2022.

Dasco menjelaskan, pada hari pertama rapimnas, akan ada deklarasi Prabowo Subianto sebagai calon presiden (capres) usungan Gerindra di Pemilu 2024. Selanjutny, pada hari kedua, akan ada deklarasi koalisi antara Gerindra-PKB.

"Insya Allah besok acara utama adalah acara deklarasi antara Partai Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa untuk meneken piagam deklarasi kedua partai," ujar Dasco kepada awak media di sela Rapimnas Gerinda, Jumat (12/8/2022).

Dia mengatakan, syarat berkoalisi dengan Gerindra harus setuju Prabowo Subianto jadi calon presiden (capres) usungannya. Sedangkan untuk calon wakil presiden (cawapres), menurut Dasco, akan ada perbicaraan dengan pihak PKB.

"Ya tentunya sebagai partai koalisi, PKB boleh mengusulkan nama untuk calon wakil presiden," jelasnya.

Dasco menegaskan Gerindra terbuka berkoalisi dengan parpol lain, bukan hanya PKB. Bahkan, sudah ada parpol lain yang menghubungi dan menyatakan keinginannya berkoalisi dengan Gerindra.

Meski begitu, Dasco mengatakan Gerindra masih dalam tahap pembicaraan dengan parpol tersebut, sehingga belum dapat mendeklarasikan koalisi secara bersamaan dengan PKB.

"Karena masih perlu waktu untuk melakukan pembicaraan-pembicaraan, kami putuskan bahwa nanti setelah deklarasi dengan PKB baru kemudian kami akan mengadakan komunikasi dengan partai tersebut," ungkapnya.

Saat ditanya nama parpol yang dimaksud, Dasco belum mau mengungkapkannnya. Dia juga belum mau mengonfirmasi apakah parpol tersebut masuk parlemen atau non-parlemen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Pemilu 2024 gerindra partai kebangkitan bangsa prabowo subianto
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top