Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BRIN dan Belanda Kerja Sama Pemanfaatan Biodiversitas

Kepala BRIN menyebut bahwa kerja sama dengan Belanda fokus untuk memperkuat pemanfaatan biodiversitas.
Szalma Fatimarahma
Szalma Fatimarahma - Bisnis.com 21 Juli 2022  |  12:34 WIB
BRIN dan Belanda Kerja Sama Pemanfaatan Biodiversitas
Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, dan Sains Belanda menandatangani momerandum of understanding (MoU) dari kolaborasi di bidang penelitian dan inovasi, Kamis (21/7/2022) - Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, dan Sains Belanda  menandatangani momerandum of understanding (MoU) dari kolaborasi di bidang penelitian dan inovasi.

Kepala BRIN Laksana Tri Handoko menyebutkan bahwa kerja sama yang akan dijalankan oleh kedua belah pihak akan difokuskan untuk memperkuat pemanfaatan biodiversitas.

“Untuk ke depannya, kerja sama antara kedua pihak ini akan memperkuat bidang biodiversitas untuk penguatan di bidang pangan, kesehatan, dan energi,” tutur Handoko dalam acara Pertemuan Bilateral antara BRIN dan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, dan Sains Belanda di Jakarta, Kamus (21/7/2022).

Handoko menyebut, bahwa langkah kerja sama ini juga menjadi kesempatan bagi BRIN untuk dapat menghubungkan modalitas riset, fasilitas, serta prioritas riset yang dimilikinya dengan berbagai institusi riset dan perguruan tinggi yang ada di Belanda.

Handoko juga mengatakan, bahwa pihaknya akan terus memperluas jalinan kerja sama dengan berbagai negara lainnya sebagai upaya untuk memperkuat kualitas riset dan inovasi di Indonesia.

Menurutnya, kelahiran BRIN ini mampu memperbaiki dan memperkuat kolaborasi yang telah dijalin Indonesia di bidang riset dengan berbagai negara di dunia.

“Bukan hanya meminta kepada negara lain untuk membiayai riset kita, namun kita juga dapat bertukar pikiran dengan negara tersebut. Hal ini dikarenakan kita sudah mengkonsolidasi semua sumber daya riset yang ada ke dalam BRIN,” jelas Handoko.

Hingga saat ini, Indonesia telah memiliki critical mass sumber daya, riset, dan inovasi yang lebih terjamin.

Dia menegaskan Indonesia saat ini telah menjadi salah satu negara yang seimbang dan sederajat untuk dijadikan sebagai mitra kerja sama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Badan Riset dan Inovasi Nasional-BRIN riset pangan kesehatan
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top