Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Presiden Timor Leste Ramos Horta Sambangi Atma Jaya, Ini Yang Dibahas

Presiden Timor Leste, José Ramos Horta menyambangi perguruan tinggi di Indonesia membahas kerja sama internasional.
MG Noviarizal Fernandez
MG Noviarizal Fernandez - Bisnis.com 21 Juli 2022  |  17:13 WIB
Presiden Timor Leste Ramos Horta Sambangi Atma Jaya, Ini Yang Dibahas
Kampus Unika Atma Jaya - Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Presiden Timor Leste, José Ramos Horta menyambangi perguruan tinggi di Indonesia membahas kerja sama internasional.

Dalam rangkaian kunjungan kenegaraan ke Indonesia, Ramos Horta menyambangi Universitas Katolik Indonesia (Unika) Atma Jaya, Kamis (21/7/2022). Dia dan Rektor A. Prasetyantoko membahas hubungan kerja sama internasional dengan institusi pendidikan dalam rangka peningkatan wawasan pembangunan negara tetangga tersebut.

Pada kesempatan itu, memberikan presidential lecture dengan mengedepankan komunikasi politik ‘From Global and Regional Politics, Into Innovative Approaches Solutions’ di depan dosen dan mahasiswa Unika Atma Jaya.

Dalam kuliah umum yang dihadiri 250 peserta ini, ia memberikan wawasan komunikasi politik global dan regional sehingga dapat menjadi jembatan dalam meningkatkan mutu pendidikan khususnya hal pengembangan proses pembuatan keputusan dibidang politik, yakni komunikasi politik dan hukum.

Pentingnya komunikasi politik memberi dampak positif bagi kedekatan Timor Leste dan Unika Atma Jaya dalam bidang pendidikan, salah satunya dengan pemberian beasiswa bagi pemuda-pemudi Timor Leste untuk berkuliah di Unika Atma Jaya.

“Unika Atma Jaya telah memberikan kesempatan bagi orang muda Timor Leste untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi dengan beasiswa sampai lulus. Hubungan yang baik antara kami memberikan banyak dampak positif bagi kemajuan pendidikan Timor Leste sebagai inisiatif mempererat hubungan masyarakat Timor Leste dengan Indonesia, “ katanya.

Dia menjelaskan kerja sama kedua belah pihak dalam bidang pendidikan adalah salah satu cara untuk meningkatkan komunikasi politik praktis antara Timor Leste dan Indonesia. Pendidikan menjadi sangat penting dalam memecahkan berbagai permasalahan politik global maupun regional sehingga berbagai cara dilakukan dalam menciptakan manusia yang unggul dan profesional.

Sementara itu, Rektor Unika Atma Jaya, Agustinus Prasetyantoko mengatakan kerja sama yang baik dengan Timor Leste adalah wujud dari komitmen Unika Atma Jaya dalam memperluas jejaring pada di tingkat regional dan global untuk dapat memajukan performa pendidikan yang lebih baik.

“Unika Atma Jaya memiliki hubungan yang sangat kuat dengan Timor Leste. sudah banyak pemuda-pemuda hebat Timor Leste yang menjadi mahasiswa kita di masa lalu. Saat ini terdapat 3 mahasiswa aktif dari Timor Leste yang belajar di universitas kami, “ ungkapnya.

Unika Atma Jaya diketahui telah meluncurkan inisiatif pertama beasiswa siswa internasional dengan memberikan 50 beasiswa gratis untuk siswa-siswi Timor Leste. Beasiswa bagi calon mahasiswa tersebut merupakan upaya kampus untuk memberikan akses pemerataan pendidikan bagi generasi muda untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi guna menguasai dunia keilmuan bagi kemajuan peradaban bangsa.

Tercatat, Unika Atma Jaya memberikan 100% beasiswa gratis biaya kuliah kepada sejumlah 248 siswa terpilih pada 2021, dan berkomitmen untuk tambahan 20% dari jumlah tersebut yang didedikasikan untuk siswa Timor Leste. Hal ini dilakukan agar hubungan baik sebagai mitra strategis dan rekan dekat yang sudah berlangsung lama dengan Unika Atma Jaya dapat terus terjain dengan baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

timor leste Unika Atma Jaya
Editor : Puput Ady Sukarno
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top