Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

7 Universitas Swasta Terbaik di Jabodetabek Versi Webometrics 2022

Bagi Anda yang tidak lulus seleksi masuk perguruan tinggi negeri, maka bisa mencoba mendaftar di kampus swasta.
Universitas Bina Nusantara (Binus)
Universitas Bina Nusantara (Binus)

Bisnis.com, JAKARTA – Tahun ajaran baru telah tiba, serangkaian seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Jakarta sudah hampir usai. Kendati demikian, banyak Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang tak kalah banyak mendulang prestasi.

Salah satu lembaga pemeringkatan perguruan tinggi yakni Webometrics telah merilis daftar peringkat perguruan tinggi terbaik di Indonesia dan dunia.

Sebanyak 2.585 perguruan tinggi Indonesia masuk ke dalam pemeringkatan tersebut, beberapa diantaranya diduduki oleh perguruan tinggi swasta (PTS).

Adapun rangkaian penilaian perguruan tinggi tersebut diindikatori oleh 3 komponen utama yakni impact atau visibility, openness atau transparency dan excellence.

Berikut 7 Universitas Swasta terbaik di Jabodetabek versi Webometrics 2022

1. Universitas Bina Nusantara

Universitas Bina Nusantara (Binus) menjadi Universitas terbaik di Indonesia di urutan ke 11. Binus berjejer dengan PTN kenamaan seperti di peringkat 11 besar bersama Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Padjadjaran (Unpad) dan sederet Universitas lainnya. Sementara dalam peringkat dunia Binus berada di peringkat 1864 dunia.

2. Universitas Mercu Buana

Universitas Mercubuana berlokasi di Jakarta Barat. Perguruan tinggi swasta ini masuk kedalam 20 besar, tepatnya berada di urutan ke-19 sebagai perguruan tinggi terbaik di Indonesia bersanding dengan sederet perguruan tinggi negeri dan swasta lainnya.

3. Universitas Gunadarma

Diurutan ketiga Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terbaik diduduki oleh Universitas Gunadarma. Dilansir dari Webometrics, Universitas Gunadarma berhasil mentereng di urutan ke 27 sebagai salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia mengalahkan beberapa PTN seperti Universitas Negeri Semarang, Universitas Jember dan Universitas Riau.

4. Universitas Trisakti

Universitas Trisakti duduk pada urutan keempat sebagai PTS terbaik di Jakarta versi Webometrics tahun 2022. Universitas Trisakti berada di urutan peringkat ke 59 secara nasional.

5. Universitas Katolik Atma Jaya

Universitas Katolik Atma Jaya yang berlokasi di Jalan Jendral Sudirman, Karet Semanggi ini berada di urutan ke 5 sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terbaik versi Webometrics 2022 di urutan ke 61 dalam peringkat nasional. 

6. Universitas Muhammadiyah Prof. Dr Hamka

Universitas Muhammadiyah Prof. Dr Hamka atau akrab dikenal dengan singkatan Uhamka merupakan salah satu Perguruan Tinggi Negeri Swasta (PTS) terbaik di Indonesia yang duduk di urutan ke 67 dalam peringkat nasional.

7. Universitas Terbuka

Pada urutan ke-7 Universitas Swasta Terbaik di Jabodetabek ditempati oleh Universitas Terbuka (UT). Lembaga pemeringkatan Webometrics mencatat bahwa Universitas Terbuka berada di urutan ke 71 dalam peringkat nasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper