Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Deretan Kurban Para Pejabat, Mulai dari Presiden Hingga Jaksa Agung

Dalam momen Iduladha ini, bukan hanya masyarakat umum saja, terkadang pejabat negara juga memberikan atau menyalurkan hewan kurban untuk disembelih pada hari raya Iduladha. Berikut pejabat negara yang melakukan sembeli kurban pada Iduladha 1443 Hijriah.
Lukman Nur Hakim
Lukman Nur Hakim - Bisnis.com 10 Juli 2022  |  13:34 WIB
Deretan Kurban Para Pejabat, Mulai dari Presiden Hingga Jaksa Agung
Presiden Jokowi secara simbolis menyerahkan sapi kurban seberat 1 ton kepada Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar di halaman Masjid Istiqlal, Jakarta, Minggu (10/7/2022). - Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Hari Raya Iduladha 1443 Hijriah jatuh pada hari ini, Minggu (10/7/2022). Pada hari raya Iduladha ini, biasanya masyarakat akan berbondong-bondong untuk menyembelih hewan kurban sebagai bentuk rasa syukur atas rezeki yang dilimpahkan kepadanya.

Membeli dan menyembelih hewan kurban di hari raya Iduladha memang hal yang lumrah dilakukan oleh umat islam diseluruh penjuru dunia. Karena menyembelih hewan kurban artinya kita sebagai umat muslim mengucap rasa syukur tentang apa rezeki yang kita dapat sekaligus sebagai rasa berbagi kepada sesama umat lainnya.

Dalam momen Iduladha ini, bukan hanya masyarakat umum saja, terkadang pejabat negara juga memberikan atau menyalurkan hewan kurban untuk disembelih pada hari raya Iduladha. Berikut pejabat negara yang melakukan sembeli kurban pada Iduladha 1443 Hijriah.

1. Joko Widodo [Jokowi] - Sapi 1 Ton

Presiden Jokowi memberikan hewan untuk kurban tahun ini seekor sapi berjenis sentimental dengan bobot 1 ton. Sapi ini disembelih di Masjid Istiqlal, Jakarta, diketahui Sapi ini diberikan langsung oleh Jokowi ke Imam Besar Masjid Istiqlal Nasarudin Umar setelah menunaikan salat Iduladha.

2. Ma’ruf Amin - 18 Sapi dan 7 Kambing

Wakil Presiden Ma’ruf Amin juga memberikan bantuan kurban pada Iduladha 1443 Hijriah ke Masjid Istiqlal. Diketahui, Pada Iduladha kali ini, Ma’ruf menyerahkan hewan kurban sebanyak 18 ekor sapi dan 7 ekor kambing. Berat sapi kurban berkisar antara 780 kilogram hingga 1 ton dengan jenis bervariasi seperti Limousine dan Simmental.

Untuk sapi yang beratnya 1 ton, Ma’ruf menyerahkannya ke Masjid Istiqlal, Jakarta. Sapi diserahkan oleh Kepala Biro Perencanaan dan Keuangan Setwapres Purwono Prihantoro dan diterima oleh Kepala Bidang Sosial dan Pemberdayaan Umat Masjid Istiqlal Laksma TNI (Purn) Asep Saipudin hari ini, Sabtu (9/07/2022).

3. Anies Baswedan - 4 Sapi

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyerahkan hewan untuk kurban pada tahun ini sebanyak empat ekor Sapi. Diketahui, untuk beratnya sapi milik Anies memiliki berat 1,2 ton dan dirinya menyerahkan Sapi tersebut setelah salat Iduladha di Jakarta International Stadium (JIS), Tanjung Priok, Jakarta Utara, Minggu (10/7/2022).

Dia juga memastikan sapi tersebut bebas dari Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) karena melalui proses pemeriksaan yang ketat.

4. ST Burhanuddin - 21 Sapi

Jaksa Agung Indonesia, ST Burhanuddin menyerahkan 21 ekor Sapi untuk disembeli sebagai kurban pada Iduladha tahun 2022 atau 1443 Hijriah. Sapi ini diserahkan pada, Kamis (7/7/2022) di Kejaksaan Agung (Kejagung). 

Diketahui, Kejagung menyalurkan 30 ekor Sapi dan 1 ekor Kambing pada Iduladha tahun 2022 atau 1443 Hijriah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

hewan kurban sapi iduladha
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top