Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Menpora Zainudin Amali: Salat di Masjid Istiqlal Begitu Nyaman

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengomentari desain dan arsitektur Masjid Istiqlal
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 10 Juli 2022  |  09:12 WIB
Menpora Zainudin Amali: Salat di Masjid Istiqlal Begitu Nyaman
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali selesai melaksanakan salat Iduladha di Masjid Istiqlal Jakarta, Minggu (10/7/2022). - Bisnis/Akbar Evandio
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengaku kagum dengan interior dari arsitektur Masjid Istiqlal, Jakarta.

Menurutnya, kondisi udara yang begitu baik lantaran Masjid mengusung konsep Green building (bangunan hijau) sehingga bisa menjadi pilihan wisata religi saat libur Hari Raya Iduladha. Khususnya, bagi warga yang tidak berkesempatan melaksanakan shalat Id di Masjid Istiqlal.

“Ini bagus ya, sekarang ini sudah bisa salat ke Masjid Istiqlal kembali. Sebelumnya juga Bapak Presiden memerintahkan untuk merenovasi total [Masjid Istiqlal] sekarang hasilnya luar biasa seperti yang bisa dirasakan, salat sekarang lebih nyaman. Ini tentunya jadi kebanggaan buat kita semua untuk bisa beribadah di sini,” tuturnya saat ditemui, Minggu (10/7/2022).

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan renovasi Masjid Istiqlal di Jakarta, Kamis (7/1/2021).

Pekerjaan renovasi tersebut dilakukan Kementerian PUPR sebagai tindak lanjut instruksi Jokowi usai menerima kunjungan Perdana Menteri (PM) India Narendra Modi ke Masjid Istiqlal pada tanggal 30 Mei 2018.

Adapun pekerjaan renovasi Masjid Istiqlal mencakup penataan kawasan, pekerjaan struktur, pekerjaan arsitektur, mechanical electrical plumbing (MEP), pekerjaan interior dan signage.

Keputusan pemerintah untuk merenovasi Masjid Istiqlal, Jakarta ternyata memberikan dampak positif terhadap lingkungan.

Masjid Istiqlal diberikan sertifikat EDGE karena telah dilakukan renovasi di beberapa bagian dengan konsep ramah lingkungan.

Renovasi yang dilakukan terbukti menurunkan jejak karbon secara signifikan. Renovasi beberapa bagian Masjid Istiqlal dikerjakan bersama-sama oleh Badan Pengelola Masjid Istiqlal (BPMI).

Masjid Istiqlal menjadi masjid pertama di dunia yang meraih sertifikat Excellence in Design for Greater Efficiencies (EDGE).

Masjid Istiqlal didapuk sebagai rumah ibadah dengan bangunan ramah lingkungan atau green building.

Penghargaan sertifikat EDGE untuk Masjid Istiqlal ini diberikan langsung dari lembaga International Finance Corporation melalui Country Manager IFC untuk Indonesia dan Timor-Leste Azam Khan.

Masjid yang menjadi kebanggaan masyarakat Indonesia ini untuk renovasinya sendiri menelan anggaran biaya Rp511 miliar. Selain itu, Masjid ini diklaim dapat menghemat 476,22 ton karbon dioksida per tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

menpora Zainudin Amali masjid istiqlal
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top