Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tiba di Lapangan Merdeka Medan, Jokowi Diberi Tongkat Balehat Raja: Apa Maknanya?

Presiden Jokowi diberikan tongkat Balehat Raja saat tiba di Lapangan Merdeka, Kota Medan, dalam sebuah prosesi tradisi adat Batak Toba, pada Kamis (7/7/2022).
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 07 Juli 2022  |  15:35 WIB
Tiba di Lapangan Merdeka Medan, Jokowi Diberi Tongkat Balehat Raja: Apa Maknanya?
Presiden Jokowi diberikan tongkat Balehat Raja saat tiba di Lapangan Merdeka, Kota Medan, dalam sebuah prosesi tradisi adat Batak Toba - Sekretariat Presiden

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melanjutkan kegiatan kunjungan kerjanya di Kota Medan, Provinsi Sumatra Utara, dengan mengunjungi Lapangan Merdeka, dalam rangka menghadiri Puncak Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-29 Tahun 2022, pada Kamis, 7 Juli 2022.

Didampingi Ibu Iriana Joko Widodo, Jokowi tampak menggunakan pakaian adat etnis Sumatra Utara, yaitu Baju Adat Toba. Kedatangan keduanya disambut tarian Semarak Indonesiaku yang dibawakan oleh masyarakat dari Kampung KB Binaan Dinas Kebudayaan Kota Medan.

Setelahnya, Jokowi dan Ibu Iriana mengikuti prosesi tradisi adat Batak Toba. Presiden diberikan tongkat Balehat Raja yang memiliki arti sebagai lambang kekuatan dalam menjalankan kepemimpinan di Tanah Air.

"Kita berikan tongkat Balehat Raja untuk menjadi semacam perlambang kekuatan kepada Bapak Presiden dalam rangka menjalankan kepemimpinannya," ujar tokoh masyarakat Sumatra Utara, Rustam Effendy Nainggolan, dikutip melalui laman Sekretariat Kabinet, Kamis (7/7/2022).

Untuk diketahui, Peringatan Harganas ke-29 Tahun 2022 ini mengambil tema "Ayo Cegah Stunting Agar Keluarga Bebas Stunting". Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) Hasto Wardoyo dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas kehadiran Presiden dan Ibu Iriana dalam Harganas kali ini.

"Kami menghaturkan terima kasih kepada Bapak Presiden yang telah berkenan hadir bersama Ibu Negara pada kesempatan ini Hari Keluarga Nasional ke-29 di Sumatra Utara. Harganas merupakan momentun refleksi dan apresiasi negara terhadap peran penting keluarga dalam membangun sumber daya manusia Indonesia yang berkualitas," ujar Hasto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi medan Batak hari keluarga nasional harganas
Editor : Aprianus Doni Tolok

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top