Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Serangan Rusia Libas Peluncur Roket AS dan 100 Rudal Anti-Tank Ukraina

Serangan Rusia berhasil menghancurkan peluncur roket buatan AS dan ratusan rudal anti-tank buatan asing.
Edi Suwiknyo
Edi Suwiknyo - Bisnis.com 06 Juli 2022  |  18:50 WIB
Serangan Rusia Libas Peluncur Roket AS dan 100 Rudal Anti-Tank Ukraina
Petugas membawa warga yang terluka setelah lingkungan kompleks apartemen dihantam beberapa kali dengan tembakan saat serangan Rusia di Ukraina berlanjut di Kharkiv, Ukraina. REUTERS - Leah Millis

Bisnis.com, JAKARTA – Pasukan Rusia terus menyerang fasilitas militer di wilayah Ukraina dalam operasi khusus yang sudah berlangsung sejak Februari lalu.

Laporan terbaru Kementerian Pertahanan Rusia memaparkan bahwa pasukan Angkatan Udaranya menyerang titik penempatan sementara batalion infanteri bermotor ke-22 dari brigade mekanis ke-92, yang terletak di Kharkov.

“Hingga 100 nasionalis Ukraina dan empat unit peralatan militer dihancurkan oleh serangan tersebut,” demikian rilis resmi Rusia, Rabu (6/7/2022).

Sementara itu, rudal udara presisi tinggi menghancurkan dua peluncur roket peluncuran ganda HIMARS buatan AS dan dua depot amunisi di daerah pemukiman Malotaranovka di Republik Rakyat Donetsk.

Di daerah Shirokolanovka di wilayah Mykolaiv, stasiun radar untuk memandu sistem rudal anti-pesawat S-300, serta titik penempatan sementara untuk unit tentara bayaran asing di wilayah Limany di wilayah Mykolaiv, dihancurkan oleh senjata presisi tinggi.

Adapun di pinggiran timur desa Soledar, pasukan Rusia menghancurkan gudang senjata roket dan artileri brigade mekanis ke-57, yang menyimpan 1,5 ribu peluru berbagai kaliber dan lebih dari seratus sistem rudal anti-tank produksi asing .

Selain itu, pasukan Rusia juga menghancurkan 6 pos komando, termasuk kelompok operasional pasukan "Selatan", serangan udara ke-79 dan brigade mekanis ke-57 Angkatan Bersenjata Ukraina di daerah pemukiman Bashtanka, Nikolaev dan Soledar.

“6 gudang dengan senjata dan amunisi di daerah pemukiman Bashtanka di wilayah Nikolaev, Ivano-Daryevka, Zaitsevo, Zvanovka, Artyomovsk dari Donetsk dan Kharkov, serta tenaga kerja dan peralatan militer Angkatan Bersenjata Ukraina di 27 daerah.

Sebagai bagian dari pertarungan kontra-baterai, lanjut laporan itu, 1 peleton sistem peluncuran roket ganda "Badai" dihancurkan, 3 peleton artileri ditembak di posisi tembak di daerah Dzerzhinsk dan Leninskoye di Donetsk, serta 1 peleton beberapa sistem peluncuran roket "Grad" di area pemukiman Voskresenskoye, wilayah Mykolaiv.

“Pesawat tempur Su-35 Rusia menembak jatuh dua helikopter Mi-24 dan satu pesawat Su-25 Angkatan Udara Ukraina selama pertempuran udara di dekat pemukiman Nikolaevka dan Snegirevka di wilayah Nikolaev,” tulis laporan Rusia.

Selain itu, satu helikopter Mi-8 Angkatan Udara Ukraina ditembak jatuh oleh sistem pertahanan udara Rusia di dekat desa Pervomayskoye, wilayah Mykolaiv. ️” Juga, 11 kendaraan udara tak berawak Ukraina ditembak jatuh.”

Secara total, sejak awal operasi militer khusus, 232 pesawat, 137 helikopter, 1.462 kendaraan udara tak berawak, 353 sistem rudal anti-pesawat, 3.915 tank dan kendaraan tempur lapis baja lainnya, 720 kendaraan tempur peluncur roket ganda, 3.096 artileri lapangan dan mortir, serta 4.043 unit kendaraan militer khusus Ukrina hancur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Ukraina Rusia Perang Rusia Ukraina
Editor : Edi Suwiknyo

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top