Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Perang Rusia vs Ukraina Hari ke-132: Putin Kuasai Timur Ukraina dan Beri Tugas Baru ke Pasukan Rusia

Rusia telah mengumumkan kemenangan setelah berhasil mengambil alih wilayah timur Ukraina, Luhansk.
Anshary Madya Sukma
Anshary Madya Sukma - Bisnis.com 05 Juli 2022  |  11:11 WIB
Perang Rusia vs Ukraina Hari ke-132: Putin Kuasai Timur Ukraina dan Beri Tugas Baru ke Pasukan Rusia
Anggota Pasukan Pertahanan Teritorial Ukraina berpartisipasi dalam latihan di bekas pabrik aspal di pinggiran Kyiv, Ukraina, Sabtu (19/2/2022). - Bloomberg/Ethan Swope

Bisnis.com, JAKARTA - Konflik Rusia vs Ukraina sudah memasuki hari ke-132 sejak awal invasi. Pada hari ini, Rusia telah mengumumkan kemenangan setelah berhasil mengambil alih wilayah timur Ukraina, Luhansk. 

Atas pencapaian tersebut, Presiden Rusia, Vladimir Putin memberikan ucapan selamat dalam pertemuannya dengan Menteri Pertahanan Rusia, Sergei Shoigu yang disiarkan di televisi. Lalu, Putin juga memberikan perintah baru untuk pasukannya agar beristirahat dan mempersiapkan diri untuk pertempuran selanjutnya.

“Unit militer yang mengambil bagian dalam permusuhan aktif dan mencapai kesuksesan, kemenangan di Luhansk, harus beristirahat dan meningkatkan kemampuan tempur mereka." ujar Putin.

Mengutip dari Guardian, Selasa (5/7/2022), Ukraina telah menyusun 'rencana pemulihan' senilai US$750 miliar untuk masa depan pascaperangnya selama Konferensi Pemulihan Ukraina (URC) 2022 yang diselenggarakan di Lugano, Swiss.

Update rangkuman konflik Rusia vs Ukraina hari ke-132:

Ada 3 Rencana Fase Pemulihan Ukraina

Perdana Menteri Ukraina, Denys Shmyhal mengatakan rencana pemulihan Ukraina sejauh ini memiliki tiga fase, yaitu : 

1. Berfokus pada perbaikan hal-hal yang penting bagi kehidupan sehari-hari masyarakat, seperti pasokan air dan keperluan untuk pemulihan cepat Ukraina.

2. Berfokus pada pemulihan pascaperang seperti, proyek perumahan sementara, rumah sakit dan sekolah

3. Perencanaan terakhir adalah bagaimana tujuan dari Ukraina dalam jangka panjang.

Berkibarnya Kembali Bendera Ukraina di Pulau Ular

Pasukan Ukraina akan mengibarkan bendera negaranya di Pulau Ular, pengibaran tersebut akan dilakukan di sebuah pos strategis dan sebagai simbolis di Laut Hitam tempat pasukan Rusia mundur pekan lalu. Juru bicara Militer Ukraina, Natalia Humenjuk mengatakan bahwa operasi militer di Pulau Ular sudah rampung dan kini pulau tersebut kembali menjadi milik Ukraina.

Warga Inggris Ajukan Banding Setelah Divonis Hukuman Mati

Seorang warga negara Inggris, Aiden Aslin (28) telah dijatuhi hukuman mati oleh pengadilan proxy Rusia di timur Ukraina, akan mengajukan banding terhadap putusan tersebut. Aiden Aslin yang merupakan mantan pekerja perawatan Inggris-Ukraina dari Nottinghamshire sekaligus sebagai marinir Ukraina, ditangkap oleh pasukan Rusia di kota Mariupol yang terkepung pada bulan April.

Rute Alternatif Pengiriman Gandum yang Terjebak di Ukraina

Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson, mengatakan rute alternatif untuk mengambil gandum yang terjebak di Ukraina seperti melalui Sungai Danube Eropa. Boris juga mengatakan bahwa dalam kondisi ini memerlukan bantuan dari negara lain seperti Turki.

“Orang-orang Turki sangat diperlukan untuk menyelesaikan ini. Mereka melakukan yang terbaik … Kita akan semakin harus mencari cara alternatif untuk memindahkan gandum itu dari Ukraina jika kita tidak dapat menggunakan jalur laut, jika Anda tidak dapat menggunakan Bosphorus,” kata Boris kepada parlemen.

Kapal Kargo Rusia Sedang Diselidiki Turki Saat Melintasi Wilayah Mereka

Turki telah menghentikan sebuah kapal kargo berbendera Rusia di lepas pantai Laut Hitam dan sedang menyelidiki klaim Ukraina bahwa kapal itu membawa gandum curian, kata seorang pejabat senior Turki.

Pembicaraan Jaminan Ekspor Biji-bijian Diadakan Bersama Turki dan PBB

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky mengatakan akan mengadakan pembicaraan dengan Turki dan PBB untuk menjamin jaminan ekspor biji-bijian dari pelabuhan Ukraina, hal tersebut Zelensky katakan pada konferensi pers bersama perdana menteri Swedia, Magdalena Andersson.

Ukraina Meminta Paus Fransiskus Berdoa Untuk Mereka

Juru bicara kementrian luar negeri Ukraina mengatakan bahwa mereka telah memperbarui undangannya bagi Paus Fransiskus untuk mengunjungi negaranya dan mendesak agar Paus  terus berdoa bagi rakyat Ukraina.

Dubes AS Kritik Tindakan China Saat Invasi Rusia ke Ukraina

Duta Besar Amerika Serikat (AS) di China telah mengkritik tindakan yang dilakukan China saat Rusia menginvasi Ukraina dan mengatakan bahwa China seharusnya tidak menyebarkan "propaganda" Rusia yang dilakukan dalam forum publik di negaranya.

Rudal Rusia Hantam Bangunan Sekolah di Kharkiv

Gubernur Kharkiv, Oleh Synyehubov melaporkan rudal Rusia telah menghantam sebuah sekolah menengah di distrik Kharkiv pada pukul 4 pagi hari ini.

Inggris Usulkan Undang-Undang Untuk Menangani Disinformasi

Inggris mengusulkan undang-undang baru yang akan mewajibkan perusahaan media sosial seperti Faceboon atau Twitter untuk secara proaktif menangani disinformasi yang diposting oleh negara-negara asing seperti Rusia untuk menghindari gangguan saat proses pengadilan atau pemilihan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Perang Rusia Ukraina Ukraina Rusia
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top