Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Heboh Pesan Zelensky ke Putin Lewat Jokowi, Ini Penjelasan Ukraina

Serhii Nikiforov, sekretaris pers untuk Kantor Presiden Ukraina, dilansir dari media lokal Ukrainska Pravda mengatakan jika Presiden Volodymyr Zelenskyy ingin mengatakan sesuatu kepada Presiden Rusia Vladimir Putin, dia akan melakukannya secara terbuka, dalam pidato hariannya.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 03 Juli 2022  |  09:05 WIB
Heboh Pesan Zelensky ke Putin Lewat Jokowi, Ini Penjelasan Ukraina
Presiden Joko Widodo (kiri) berjabat tangan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin (kanan) usai menyampaikan pernyataan bersama di Istana Kremlin, Moskow, Rusia, Kamis (30/6/2022). Presiden menyatakan siap menjadi jembatan komunikasi antara Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy dan Presiden Rusia Vladimir Putin agar kedua pihak mencapai perdamaian. ANTARA FOTO - BPMI/Laily Rachev

Bisnis.com, JAKARTA - Kantor Presiden Ukraina memaparkan kabar tentang Presiden Volodymyr Zelensky menitipkan pesan untuk Presiden Rusia Vladimir Putih ke Presiden Jokowi ketika bertemu di Ukraina. 

Serhii Nikiforov, sekretaris pers untuk Kantor Presiden Ukraina, dilansir dari media lokal Ukrainska Pravda mengatakan dalam pertemuan antara kedua presiden itu, mereka membahas soal masalah Rusia yang memikul tanggung jawab penuh untuk mengganggu ekspor (gandum Ukraina, red) ke Indonesia, serta ke bagian lain dunia. Dan Rusia akan bertanggung jawab atas krisis pangan yang bisa terjadi kecuali pelabuhan Ukraina segera diblokir.

"Indonesia adalah salah satu importir gandum terbesar dari Ukraina, dan blokade pelabuhan Ukraina menjadi fokus utama pembicaraan antara presiden [Indonesia dan Ukraina - red.] di Kyiv,"  ujarnya dilansir dari Yahoo yang mengutip Ukrainska Pravda.

Menurutnya, dalam pertemuan itu, hanya hal tersebut yang disampaikan, dan dia menyatakan jika Presiden Volodymyr Zelensky ingin mengatakan sesuatu kepada Presiden Rusia Vladimir Putin, dia akan melakukannya secara terbuka, dalam pidato hariannya.

"Inilah yang dibahas secara detail oleh Volodymyr Zelensky dengan Joko Widodo," tambahnya.

Sebelumnya, setelah pertemuannya dengan Presiden Rusia Vladimir Putin pada 30 Juni, Presiden Indonesia Joko Widodo mengatakan  telah menyampaikan pesan dari Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy kepada Putin.

Presiden Joko Widodo secara pribadi mengundang Zelensky untuk menghadiri KTT G20 di Bali pada bulan November 2022.

Menanggapi undangan tersebut, Zelensky mengatakan kedatangannya di KTT G20 akan tergantung pada situasi keamanan di Ukraina, dan di negara-negara lain yang diundang dalam KTT tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Rusia Perang Rusia Ukraina Volodymyr Zelensky
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top