Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Polri Respons Cuitan Fadli Zon Soal Satgas Nusantara

Keberadaan Satgas Nusantara sudah berlangsung sejak Pemilu 2019.
Lukman Nur Hakim
Lukman Nur Hakim - Bisnis.com 30 Juni 2022  |  14:15 WIB
Polri Respons Cuitan Fadli Zon Soal Satgas Nusantara
Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Kepala Divisi (Kadiv) Mabes Polri, Irjen Pol Dedi Prasetyo menanggapi pernyataan anggota DPR Fadli Zon yang menyebut pembentukan Satgas Nusantara berlebihan.

Deddi menuturkan bahwa keberadaan Satgas Nusantara sudah berlangsung sejak Pemilu 2019. Pembentukan satgas ini berfungsi sebagai cooling system pada masa kontestasi politik supaya tidak tidak terjadi overhead atau konflik yang meledak.

Cooling system untuk memberikan literasi yang sejuk, literasi menjaga persatuan kemudian literasi yang untuk memitigasi berita hoax, termausuk itu berita ujaran kebencian,” tutur Dedi kepada wartawan, Kamis (30/06/2022).

Selain itu, Dedi juga membeberkan Satgas Nusantara sendiri akan bekerja sama dengan tokoh masyarakat, tokoh agama, dan wartawan untuk mencegah adanya overhead dimasa Pemilu nantinya.

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra yang juga Anggota DPR RI Fadli Zon menilai rencana Polri membentuk satuan tugas politik identitas yang disebut Satgas Nusantara merupakan langkah yang berlebihan.

Adapun, Satgas Nusantara bertugas untuk mengawal seluruh proses Pemilu 2024 agar terhindar dari politik identitas.

Fadli mengaku setuju jika tujuan pembentukan Satgas Nusantara sebatas mencegah informasi palsu alias hoaks. Namun, ada banyak hal yang perlu dijelaskan sebelum polisi menempatkan isu politik identitas seolah-olah menjadi sebuah kejahatan atau tindakan melawan hukum.

“Sejak kapan politik identitas menjadi kejahatan di mata hukum, atau dianggap sebagai kejahatan Pemilu?,” ujarnya, Rabu (29/6/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

polri dpr
Editor : Edi Suwiknyo

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top