Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jokowi Undang Langsung Zelensky Hadir di KTT G20, Begini Responsnya

Dalam kunjungannya ke Ukraina, Jokowi mengundang langsung Presiden Zelensky untuk hadir di KTT G20 pada November mendatang di Bali.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 30 Juni 2022  |  14:49 WIB
Jokowi Undang Langsung Zelensky Hadir di KTT G20, Begini Responsnya
Dalam kunjungannya ke Ukraina, Jokowi mengundang langsung Presiden Zelensky untuk hadir di KTT G20 pada November mendatang di Bali - Setpres

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara langsung kembali mengundang Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky untuk menghadiri agenda KTT G20 yang akan diselenggarakan pada November 2022 di Bali.

"Saya sampaikan kembali undangan Saya kepada Presiden Zelensky secara langsung untuk berpartisipasi dalam KTT G20 yang akan diselenggarakan bulan November tahun ini di Bali," katanya dikutip melalui kanal Youtube Sekretariat Presiden, Kamis (30/6/2022).

Menanggapi undangan tersebut, Zelensky mengatakan bahwa kehadirannya di KTT G20 akan tetap mempertimbangkan situasi keamanan di negaranya dan juga melihat komposisi partisipan di KTT tersebut.

“Saya berterima kasih kepada Yang Mulia atas undangan untuk hadir ke KTT G20 dan Saya menerima undangan tersebut. Namun, kehadiran Ukraina akan bergantung terhadap situasi keamanan di negara kami dan juga komposisi partisipan yang ada di KTT tersebut,” katanya.

Sekadar informasi, dalam pertemuan kedua pemimpin negara di Istana Maryinsky, Kiev, Ukraina tersebut juga dibahas mengenai kerja sama antarnegara. Zelensky mengatakan bahwa kedua negara sepakat untuk dilakukan kerja sama bebas visa.

Menurutnya, kerja sama tersebut penting bagi kemajuan ekonomi, pembangunan, pendidikan, dan juga hubungan antar masyarakat kedua negara.

Sementara itu, Jokowi menyampaikan komitmen Indonesia untuk terus memperkuat kerja sama dengan Ukraina.

“Tahun ini adalah 30 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Ukraina. Saya menyampaikan komitmen Indonesia untuk terus memperkuat kerja sama dengan Ukraina,” kata Jokowi.

Sebelumnya, Jokowi melakukan sambungan telepon dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky. Hal itu terungkap dalam cuitan Zelensky di akun Twitter-nya, Rabu (27/4/2022).

Dalam cuitan tersebut, Zelinsky menyatakan terima kasih kepada Jokowi atas dukungannya kepada Ukraina, termasuk dalam forum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

“Saya sempat berbincang dengan Presiden @jokowi. Terima kasih atas dukungan kedaulatan dan integritas teritorial, khususnya untuk posisi yang jelas di PBB. Isu ketahanan pangan telah kami bahas. Terima kasih telah mengundang saya ke pertemuan puncak @g20org,” tulisnya dikutip melalui akun Twitter @ZelenskyyUa, Rabu (27/4/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi g20 Perang Rusia Ukraina Volodymyr Zelensky
Editor : Aprianus Doni Tolok

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top