Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jokowi ke Eropa, Ini Agenda dan Daftar Negara yang Dikunjungi

Berikut agenda dan daftar negara yang dikunjungi Jokowi dalam lawatannya ke Eropa.
Alifian Asmaaysi
Alifian Asmaaysi - Bisnis.com 29 Juni 2022  |  17:50 WIB
Jokowi ke Eropa, Ini Agenda dan Daftar Negara yang Dikunjungi
Presiden Joko Widodo menaiki kereta menuju Kyiv, Ibukota Ukraina untuk bertemu dengan Presiden Volodymyr Zelensky. Biro Setpres

Bisnis.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) tengah melaksanakan lawatan arau kunjungan kerja luar negeri ke Eropa sejak 26 Juni hingga 2 Juli 2022. Berikut agenda dan daftar negara yang dikunjungi Jokowi di Eropa

Dalam rangkaian kunjungan kerja, Jokowi bakal menyambangi beberapa negara seperti Jerman, Ukraina, Rusia, hingga Uni Emirat Arab. Sebelumnya, Jokowi turut hadiri pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7 yang diselenggarakan di Jerman, pada Senin (27/6/2022).

Jokowi beserta rombongan delegasi Indonesia telah sampai di ibu kota Ukraina, Kyiv pada Rabu (29/6/2022) waktu setempat. Jokowi akan bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dan membawa misi perdamaian di tengah memanasnya perang Rusia vs Ukraina.

Meskipun Indonesia tidak termasuk dalam keanggotaan G7, Presiden Jokowi menjadi salah satu pimpinan negara non G7 atau Partner Countries yang turut diundang bersama 4 negara lainnya.

“Beberapa negara non-G7 atau disebut G-7 Partner Countries yang mendapatkan undangan untuk hadir dalam KTT G7 adalah Indonesia, India, Senegal, Argentina dan Afrika Selatan,” jelas Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi dalam keterangan pers yang dibagikan pada Rabu (22/6/2022).

Dikutip dari laman Sekretariat Kabinet RI, disela kunjungan KTT G7, Presiden Jokowi juga akan sambangi beberapa negara lainnya guna melakukan pertemuan bilateral dengan sejumlah pemimpin negara G7 dan negara undangan lainnya.

Selain berkunjung ke Ukraina , Jokowi juga dikabarkan bakal adakan pertemuan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin. Hal tersebut sejalan dengan substansi agenda pertemuan KTT G7 yang juga membahas kelanjutan perang antara Rusia dan Ukraina.

“Sebagai Presiden G-20 dan salah satu anggota Champion Group dari Global Crisis Response Group yang dibentuk sekjen PBB, Jokowi memilih untuk mencoba berkontribusi dan tidak memilih untuk diam,” jelas Retno.

Jokowi menjadi perwakilan negara Asia Tenggara pertama yang mengunjungi Rusia dan Ukraina di tengah situasi perang yang masih berlangsung.

Setelah melakukan kunjungan ke dua negara tersebut, Jokowi juga akan mengadakan pertemuan dengan pimpinan Uni Emirat Arab di Abu Dhabi. Dalam lawatan tersebut, Jokowi akan membahas secara lebih lanjut kerja sama antara UEA dan Indonesia di bidang ekonomi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi eropa Ukraina Perang Rusia Ukraina
Editor : Feni Freycinetia Fitriani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top