Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mata-Mata Rusia Gagal Jadi Pegawai Magang di Pengadilan Pidana Internasional

Seorang mata-mata Rusia gagal untuk mendapatkan status pegawai magang di Pengadilan Pidana Internasional (ICC) menggunakan identitas palsu warga negara Brasil.
Bendera Federasi Rusia di Kedutaan Besar Rusia di Washington, Amerika Serikat./Reuters
Bendera Federasi Rusia di Kedutaan Besar Rusia di Washington, Amerika Serikat./Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Seorang mata-mata Rusia gagal untuk mendapatkan status pegawai magang di Pengadilan Pidana Internasional (ICC) menggunakan identitas palsu warga negara Brasil yang telah digunakan selama lebih dari satu dekade, menurut intelijen Belanda.

Sergey Vladimirovich Cherkasov, 36, yang dituduh sebagai agen intelijen militer GRU Rusia, terbang ke Belanda pada bulan April dengan keyakinan bahwa dia telah berhasil dalam upaya luar biasa untuk mendapatkan akses orang dalam ke pengadilan kejahatan perang.

Dia menggunakan identitas palsu Viktor Muller Ferreira, 33.

Akan tetapi, Cherkasov berhasil diidentifikasi oleh petugas intelijen Barat. Ketika tiba untuk bekerja sebagai pegawai magang, dia ditahan oleh pejabat imigrasi Belanda dan dikirim kembali ke Brasil.

Hal itu menandai kegagalannya setelah bertahun-tahun melakukan persiapan.

Saat ini, ICC mulai menyelidiki dugaan kejahatan perang Rusia di Ukraina. Jika Cherkasov berhasil, dia akan memperoleh akses ke sistem email pengadilan dan mungkin dapat menyalin, merusak, atau menghancurkan dokumen atau bukti yang diajukan.

Mata-mata itu membuat identitas palsu yang rumit selama bertahun-tahun, yang merupakan salah satu program "ilegal" Rusia yang dimulai sejak Perang Dingin dan telah dihidupkan kembali secara ekstensif di bawah Presiden Vladimir Putin.

Meskipun dia mulai beroperasi di Brasil sekitar tahun 2010, Cherkasov yang menyamar sebagai Muller kemudian pindah ke beberapa negara.

Diduga dia berupaya membuka berbagai opsi sebanyak mungkin untuk operasi intelijen GRU.

CV-nya yang dapat dilihat secara online menyatakan bahwa dia mengambil gelar pertama dalam ilmu politik di Trinity College Dublin, pada sekitar tahun 2014 dan 2018.

Kemudian, mendapatkan master di Universitas Johns Hopkins di Baltimore di bidang kebijakan luar negeri AS.

Catatan universitas  menunjukkan bahwa dia lulus dari universitas AS pada tahun 2020.

Eugene Finkel, seorang profesor di Johns Hopkins, mencuit, bahwa Muller adalah mantan mahasiswa yang memperkenalkan dirinya keturunan Brasil-Irlandia dan telah memintanya untuk memberikan referensi mendukung aplikasinya ke ICC.

“Saya menulis surat referensi untuk petugas GRU. Saya tidak akan pernah melupakan fakta ini. Saya benci segala sesuatu tentang GRU dan saya sangat senang dia terekspos," cuit Finkel seperti dikutip TheGuardian.com, Jumat (17/6/20220).

Sumber-sumber Barat khawatir, bahwa krisis Ukraina telah mendorong GRU dan badan-badan Rusia lainnya untuk mengambil sikap yang lebih agresif dan berpotensi sembrono terhadap operasi spionase mereka, karena Moskow telah diisolasi oleh Barat sejak invasi ke Ukraina.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper