Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

KSP Yakini Wamendagri John Wempi Wetipo Percepat Pembangunan Papua

Deputi V Kepala Staf Kepresidenan Jaleswari Pramodhawardani menilai kehadiran John Wempi Wetipo sebagai Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) dapat memperkuat kinerja pemerintah dalam membangun kesejahteraan masyarakat di Papua.
Ni Luh Anggela
Ni Luh Anggela - Bisnis.com 16 Juni 2022  |  19:07 WIB
KSP Yakini Wamendagri John Wempi Wetipo Percepat Pembangunan Papua
Wamendagri John Wempi Watipo diyakini bisa mengakselerasi pembangunan Papua - ANTARA FOTO / Akbar Nugroho Gumay

Bisnis.com, JAKARTA - Deputi V Kepala Staf Kepresidenan Jaleswari Pramodhawardani menilai kehadiran John Wempi Wetipo sebagai Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) dapat mempercepat dan memperkuat kinerja pemerintah dalam membangun Papua.

Pasalnya, saat ini masih ada beberapa wilayah di Papua yang masih memerlukan perhatian karena pembangunannya tertinggal.

"Sebagai mantan kepada daerah, beliau sangat memahami soal Otonomi Khusus (Otsus) Papua," kata Jaleswari melalui keterangan tertulisnya, Kamis (16/6/2022).

Ditunjuknya Wetipo sebagai Wamendagri, sambungnya, menjadi sejarah baru di era pemerintah Jokowi-Ma'ruf Amin lantaran untuk pertama kalinya putra Papua menjadi Wamendagri.

Peneliti senior LIPI ini melihat posisi Wetipo sebagai Wamendagri dapat memberikan dukungan kepada Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian dalam mempersiapkan beberapa agenda penting terkait pembangunan Papua.

Pembangunan Papua yang dimaksud antara lain pembentukan badan khusus pengelola Otsus Papua atau BP3OKP, dan merampungkan rencana induk percepatan pembangunan Papua, serta mendukung percepatan pembangunan melalui pembentukan daerah otonomi baru (DOB) di Papua.

Menurut Jaleswari, keberadaan Wetipo yang sangat memahami kondisi lapangan dan memiliki jaringan komunikasi yang baik di daerah, akan membantu mengakselerasi pembangunan kesejahteraan di Papua. Selain itu, Otsus bisa menghasilkan manfaat yang lebih besar.

Adapun, sebelum menjabat sebagai Wamendagri, Wetipo merupakan Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Kemudian pada Rabu (15/6/2022) dilantik sebagai Wamendagri oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 15 Juni 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi papua kemendagri john wempi wetipo
Editor : Aprianus Doni Tolok

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top