Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jokowi Sambut Kunjungan Kenegaraan Presiden Jerman di Istana Bogor

Jokowi terima kunjungan Presiden Jerman Frank-Walter Steinmeier, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat bertepatan dengan 70 tahun hubungan diplomatik kedua negara.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 16 Juni 2022  |  14:39 WIB
Jokowi Sambut Kunjungan Kenegaraan Presiden Jerman di Istana Bogor
Jokowi menerima kedatangan Presiden Jerman Frank-Walter Steinmeier, di Istana Kepresidenan Bogor, Rabu (16/6/2022) - Sekretariat Presiden

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyambut kunjungan kenegaraan Presiden Republik Federal Jerman Frank-Walter Steinmeier, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, pada Kamis, 16 Juni 2022.

Kunjungan ini bertepatan dengan peringatan 70 tahun hubungan diplomatik antara Indonesia dan Jerman, yang resmi terjalin sejak tahun 1952.

Presiden Steinmeier bersama delegasi tiba di Istana Kepresidenan Bogor sekitar pukul 10.00 WIB.

Kedatangan Kepala Negara Republik Federal Jerman tersebut turut diiringi oleh pasukan Nusantara, pasukan berkuda, dan korps musik Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

Usai disambut oleh Presiden Jokowi, prosesi penyambutan kemudian dilanjutkan dengan upacara penyambutan kenegaraan dengan diperdengarkannya lagu kebangsaan kedua negara dan diiringi dentuman meriam sebanyak 21 kali.

Setelah dentuman meriam selesai, kedua pemimpin kemudian melakukan inspeksi pasukan kehormatan dan selanjutnya memperkenalkan delegasi dari masing-masing negara yang turut hadir mengikuti upacara.

Adapun, setelah saling memperkenalkan delegasi masing-masing, Jokowi mengajak Presiden Steinmeier untuk berfoto bersama dan menandatangani buku tamu kenegaraan di Ruang Teratai.

Rangkaian acara kemudian dilanjutkan dengan penanaman bersama pohon Cendana atau Santalum album oleh Presiden Jokowi dan Presiden Steinmeier.

Selepas penanaman pohon bersama, Presiden Jokowi dan Presiden Steinmeier menuju veranda untuk berbincang sejenak sebelum menggelar pertemuan bilateral bersama delegasi dari masing-masing negara.

Dalam pengantarnya saat pertemuan bilateral, Presiden Jokowi menyampaikan ucapan selamat datang bagi Presiden Steinmeier dan mengatakan bahwa kunjungan ini merupakan sebuah kehormatan bagi Indonesia. Dalam pertemuan bilateral tersebut, kedua pemimpin juga menbahas berbagai kerja sama ekonomi bilateral.

"Tahun ini kita memperingati 70 tahun pembukaan hubungan diplomatik Indonesia-Jerman. Ini merupakan momentum bagi Indonesia dan Jerman untuk memperkuat hubungan," ujar Jokowi di Istana Bogor, Rabu (16/6/2022).

Usai pertemuan bilateral, kedua pemimpin kemudian melakukan pernyataan pers bersama di Ruang Teratai. Rangkaian penyambutan ini pun diakhiri dengan jamuan santap siang kenegaraan bagi Presiden Steinmeier di Ruang Garuda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi bilateral hubungan bilateral jerman
Editor : Aprianus Doni Tolok

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top