Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

KPAI Terima Dua Aduan Masyarakat Terkait PPDB 2022

Komisioner KPIAI Retno Listyarti temukan dua aduan masyarakat terkait PPDB 2022, khususnya soal jalur perpindahan tugas orangtua
Afiffah Rahmah Nurdifa
Afiffah Rahmah Nurdifa - Bisnis.com 14 Juni 2022  |  14:21 WIB
KPAI Terima Dua Aduan Masyarakat Terkait PPDB 2022
Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) DKI Jakarta 2022 akan segera dibuka untuk jenjang SMA, SMP, SD, PAUD, SLB, dan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM). JIBI - Bisnis/Nancy Junita

Bisnis.com, JAKARTA - Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Retno Listyarti telah menerima dua laporan aduan dari masyarakat terkait pelaksanaan Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) 2022 hingga Senin (13/6/2022).

Aduan pertama yaitu terkait jalur perpindahan orang tua dari Batam ke Jakarta yang diketahui masa perpindahannya pada Januari 2022, sedangkan yang tertera dalam aturan PPDB yaitu perpindahan paling lambat 1 tahun yaitu per 1 Juni 2021.

"Sosialisasi terkait aturan dalam Permendikbudristek No, 1 tahun 2021 sudah masif dilakukan, namun masih banyak masyarakat yang belum juga mengetahuinya," katanya dalam siaran pers yang diterima, Selasa (14/6/2022).

Kasus serupa ditemui Retno saat melakukan pengawasan pelaksanaan PPDB di Posko Pengaduan Sudin Pendidikan Jakarta Utara Wilayah 2 dan Posko Dinas Pendidikan DKI Jakarta.

Lalu, aduan kedua datang dari jalur perpindahan orang tua yang berasal dari Manado ke Jakarta. Perpindahan tersebut sudah terjadi sejak 4 tahun lalu, tetapi saat mendaftar justru menggunakan SK mengajar yang baru diperbarui per 6 bulan.

"Dijelaskan bahwa perpindahan orangtua syaratnya baru pindah, maksimal 1 tahun di wilayah tujuan sekolah. Baru orangtua mengerti dan akan mendaftarkan anaknya sementara ke sekolah swasta, lalu akan mutasi ke sekolah negeri terdekat dari domisilinya jika ada kursi kosong semester depan," ujar Retno.

Menurutnya, hari pertama PPDB DKI Jakarta pada Senin, (13/6/2022) berjalan lancar karena persiapan server sudah dilakukan dengan baik. Dia juga mengapresiasi inovasi Dinas Pendidikan DKI Jakarta terkait waktu pendaftaran seperti aktivasi akun dari jauh-jauh hari.

"Namun demikian, para orang tua CPDB banyak yang datang ke Posko PPDB Sudin Pendidikan Jakarta Utara wilayah 2 maupun Posko Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, Kuningan, Jakarta Selatan dengan permasalahan dominan yaitu ganti password lantaran mayoritas orangtua CPDB lupa password saat aktivasi akun," tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pendidikan sekolah kpai PPDB Online
Editor : Aprianus Doni Tolok

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top