Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemakaman Eril, Ganjar Pranowo dan Khofifah Datang ke Gedung Pakuan

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo datang ke Gedung Pakuan untuk mengucapkan belasungkawa atas meninggalnya Eril.
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo datang ke gedung Pakuan untuk mengucapkan belasungkawa atas meninggalnya putra sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz (Eril)./Istimewa
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo datang ke gedung Pakuan untuk mengucapkan belasungkawa atas meninggalnya putra sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz (Eril)./Istimewa

Bisnis.com, BANDUNG - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo datang ke gedung Pakuan untuk mengucapkan belasungkawa atas meninggalnya putra sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz (Eril).

Khofifah mengajak masyarakat khususnya generasi muda untuk mengikuti sikap yang Eril yang secara istiqamah saling berbagi. 

"Kita mengucapkan innalilahi wa innailaihi rojiun. Semoga amal ibadahnya diterima Allah, khilafnya diampuni Allah serta dipanggil dalam keadaan husnul khotimah.  Seluruh keluarga yang ditinggal dikuatkan, diberi kesabaran, ketegaran dan keikhlasan," kata Gubernur Khofifah kepada awak media di Gedung Pakuan, Minggu (12/6/2022) malam.

Jenazah Eril tiba di Bandung sekitar pukul 20.00 WIB dan disambut masyarakat Kota Bandung. Terpantau, warga yang menyambut kedatangan jenazah Eril, kata Khofifah, menunjukkan mulianya sikap istiqomah mendiang selama hidup.

"Kita semua melihat Allah memberikan kemuliaan yang luar biasa pada proses pengawalan doa-doa yang dimunajatkan untuk almarhum ananda Eril. Kemuliaan itu Allah tunjukkan kepada kita semua, mudah-mudahan mempermudah Ananda Eril masuk surga-Nya Allah. Aamiin," tuturnya.

Khofifah mengaku tidak begitu mengenal dengan sosok Eril secara personal. Namun, dia meyakini bahwa sesungguhnya ada buah amal ibadah yang dilakukan Eril yang dilakukan secara istiqomah.

"Teman-teman bisa melihat bahwa kemuliaan Allah yang ditunjukkan kepada almarhum Eril itu karena pasti ada amal ibadah yang istiqamah dilakukan," ujarnya.

Hal-hal istimewa yang dilakukan oleh Almarhum Eril semasa hidup juga sempat di dengar Khofifah dari media dan orang-orang terdekat yang berbagi cerita. Misalnya ketika tengah malam, Eril acapkali berbagi sedekah kepada mereka yang kurang beruntung.

"Saya rasa kebaikan seperti ini sanget mrnginspirasi generasi muda untuk bisa diteladani," ungkapnya.

Selang sejam dari Khofifah, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo kemudian hadir ke Gedung Pakuan. Cukup lama Ganjar bersama Khofifah berada di dalam bersama Ridwan Kamil.

Sejak Eril dinyatakan hilang pada Kamis (26/5/2022), Khofifah beberapa kali berkomunikasi melalui aplikasi WhatsApp dengan Ridwan Kamil.

Lalu, ketika jenazah Eril ditemukan, Khofifah sudah menyatakan bahwa dia ingin bertemu untuk mengucapkan belasungkawa secara langsung.

"Kami ingin memberikan penguatan, ketegaran kesabaran dan keikhlasan untuk beliau. Bahwa Allah menunjukkan kemuliaan yang luar biasa pada proses penghantaran ananda almarhum Eril kembali kepada sabg Khaliq," tandasnya. 

Usai menemui awak media, Khofifah langsung menemui Ridwan Kamil, sang istri, Atalia Praratya, dan keluarga besar. Di sana, Khofifah mengucapkan belasungkawa kepada Emil secara langsung sekaligus mendengar cerita Emil mengenai jenazah Eril ketika ditemukan.

"Alhamdulillah mereka berdua sangat tegar dan ikhlas melepas ananda almarhum mas Eril," ungkap Khofifah.

Khofifah mengatakan, Emil menceritakan momentum  saat melihat jenazah almarhum Eril dalam kondisi baik dan harum  serta kepalanya menoleh kekanan menjadikan keduanya kuat, tegar  dan tabah.

"Jadi suasana menjadi sangat baik bagi beliau berdua  dan saya rasa itu juga  satu tanda yang sangat baik.  Artinya banyak hal kebaikan yang dilakukan ananda Eril tanpa diketahui banyak orang, dan Allah telah membalasnya dengan berbagai kemulyaan," ucapnya.

Saat takziah,  Khofifah juga mendapatkan banyak cerita dari Emil maupun Atalia soal testimoni sebagian masyarakat yang pernah mendapatkan kebaikan dari Eril.

"Begitu banyak kebaikan yang dilakukan alm. Eril tanpa sepengetahuan orangtuanya. Melalui almarhum Eril kita belajar untuk menanam kebaikan yang suatu saat juga akan betbuah kebaikan ," pungkasnya.

Setelah mendengar cerita kebaikan Eril semasa hidup, Khofifah bersama Ganjar Pranowo dan para pentakziah lainnya melaksanakan salat jenazah.

"Itu doa dan hadiah terbaik untuk ananda Eril," tutupnya.

Jenazah Eril dijadwalkan akan dimakamkan di Islamic Center Baitul Ridwan Kp Geger Beas RT 01/05 Desa Cimaung, Kecamatan Cimaung, Kab. Bandung, pada Senin, (13/6/2022) pukul 11.00 siang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper