Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hari Lahir Pancasila 1 Juni, Megawati Ajak Masyarakat Bangkit dari Pandemi Covid-19 

Megawati Soekarnoputri mengajak masyarakat untuk bangkit dari pandemi Covid-19.
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri saat memberikan pengarahan dalam acara halalbihalal secara virtual dengan tiga struktur Partai, Rabu (25/5/2022) petang./Dok. PDIP
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri saat memberikan pengarahan dalam acara halalbihalal secara virtual dengan tiga struktur Partai, Rabu (25/5/2022) petang./Dok. PDIP

Bisnis.com, JAKARTA - Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Megawati Soekarnoputri mengajak masyarakat untuk bangkit dari pandemi Covid-19.

Hal itu disampaikan Ketum PDIP itu pada Hari Lahir Pancasila, Rabu (1/6/2022).

Dia juga mengatakan bahwa dengan ideologi Pancasila Indonesia bisa menjadi bangsa yang maju.

"Selamat memperingati Hari Lahir Pancasila, saya mengajak kita semua untuk bangkit bersama menandai pandemi Covid-19 yang semakin terkendali. Mari kita tunjukan kita bangsa yang besar, yang berjuang bersama tetap gotong royong," kata Megawati dikutip dari kanal YouTube Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Rabu (1/6/2022).

"Mari kita buktikan kepada dunia bahwa dengan berpegang dengan ideologi Pancasila dan menjadikannya sebagai bintang penuntun kita mampu menjadi bangsa yang maju. Sekali lagi selamat memperingati Hari Lahir Pancasila, ayo amalkan nilai Pancasila. Salam Pancasila," pungkasnya.

Di sisi lain, Wakil Ketua Dewan Pengarah BPIP Try Sutrisno mengungkapkan hal yang sama.

Wakil Presiden Keenam RI tersebut mengajak masyarakat untuk menjunjung tinggi nilai luhur yang terkandung dalam Pancasila.

"Pancasila adalah dasar negara, Pancasila juga ideologi negara, Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia. Pancasila merupakan alat persatuan, Pancasila pun memiliki makna sebagai falsafah negara marilah kita menjalani hidup dengan menjunjung tinggi nilai luhur yang terkandung dalam Pancasila," kata Try Sutrisno.

Dia juga mengajak masyarakat untuk bersatu bangkit mewujudkan Indonesia yang maju. Serta membangun peradaban dunia dengan bersama-sama.

"Selamat memperingati Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2022, Salam Pancasila," pungkasnya.

Upacara kenegaraan Hari Lahir Pancasila ke-77 dilaksanakan di Lapangan Pancasila Ende, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT). Upacara tersebut dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Ini juga merupakan pertama kalinya upacara kenegaraan Hari Lahir Pancasila digelar di luar Ibu Kota Jakarta. Ende disebut istimewa lantaran menjadi tempat Presiden Pertama RI Soekarno atau Bung Karno merenungkan Pancasila selama pengasingannya.

Soekarno kerap menghabiskan waktunya di tempat yang kini disebut Taman Renungan Bung Karno di Kotaraja, Ende Utara, Kabupaten Ende, NTT. Tepatnya di bawah pohon sukun yang memiliki lima cabang.

Tempat tersebut menjadi favorit Bung Karno lantaran lokasinya yang tinggi dan menghadap ke teluk dengan pemandangan laut. Di bawah pohon sukun tersebut juga disebutkan Bung Karno menemukan inspirasi dasar negara yang kemudian dirumuskan menjadi Pancasila.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper