Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

DPR: Perlu Koordinasi dan Strategi Matang untuk Cabut PPKM

Ketua DPR Puan meminta pemerintah berkoordinasi dengan lembaga legislatif terkait rencana pencabutan PPKM.
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 25 Mei 2022  |  15:50 WIB
Pengunjung di wisata Ancol, Jakarta, sudah tidak mengenakan masker, Kamis (19/5/2022)  -  Pernita Hestin Untari
Pengunjung di wisata Ancol, Jakarta, sudah tidak mengenakan masker, Kamis (19/5/2022) - Pernita Hestin Untari

Bisnis.com, JAKARTA - Ketua DPR Puan Maharani meminta pemerintah berkoordinasi dengan lembaga legislatif terkait rencana pencabutan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) selain menyiapkan strategi yang matang agar kasus Covid-19 tidak muncul lagi.

Menurut Puan, koordinasi itu diperlukan mengingat berbagai kemungkinan yang bisa terjadi apabila kebijakan tersebut diterapkan.

“Pandemi Covid-19 masih menimbulkan ketidakpastian. Virus masih terus bermutasi. Kita juga perlu berkaca dari pengalaman negara lain yang kasusnya kembali meningkat ketika mulai melakukan pelonggaran secara masif,” katanya, Rabu (25/5/2022).

Strategi yang matang dan komprehensif mengenai rencana pencabutan PPKM diperlukan agar tidak menimbulkan euforia berlebihan di tengah masyarakat, kata Puan.

Dia mengaku memahami kondisi Covid-19 di Indonesia yang sudah semakin terkendali. Meski begitu, perencanaan yang matang diperlukan untuk tetap membuat masyarakat awas terhadap Covid-19 yang masih ada.

“Kita semua harus bisa memahami bahwa Covid-19 masih ada di tengah-tengah kita. Harus ada antisipasi yang dilakukan supaya masyarakat tetap waspada terhadap virus ini manakala kebijakan PPKM dicabut,” katanya.

Puan juga mengingatkan bahwa Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sampai saat ini belum resmi mencabut status pandemi Covid-19.

Karena itu, dia meminta pemerintah untuk terus bekerja sama dengan pakar dan epidemiologi untuk mengevaluasi kebijakan PPKM.

“Temukan formula yang tepat, sehingga saat PPKM nantinya dicabut, masyarakat sudah siap dan memahami bagaimana agar tetap hati-hati dan waspada menjalankan aktivitas mereka sehari-hari,” ujar Puan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

puan maharani Covid-19 PPKM
Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top