Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Update Perang Rusia vs Ukraina: Ratusan Tentara Ukraina Menyerah, Howitzer AS Dihancurkan!

Ratusan prajurit Ukraina yang berada di pabrik Azovstal menyerah ke poihak Rusia. Sementara itu, sejumlah meriam Howitzer buatan AS dihancurkan.
Edi Suwiknyo
Edi Suwiknyo - Bisnis.com 19 Mei 2022  |  13:20 WIB
Foto yang diabadikan pada 21 April 2022 ini menunjukkan pemandangan pabrik Azovstal di kota pelabuhan Mariupol. - Antara
Foto yang diabadikan pada 21 April 2022 ini menunjukkan pemandangan pabrik Azovstal di kota pelabuhan Mariupol. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Pasukan Rusia terus berupaya menghancurkan sisa-sisa tentara Ukraina yang bersembunyi di pabrik Azovstal. 

Laporan terbaru pihak Rusia, militan unit nasionalis Azov dan prajurit Ukraina yang diblokir di pabrik Azovstal terus menyerah. Hingga kemarin, 694 gerilyawan menyerah, termasuk 29 terluka. 

“Secara total, sejak 16 Mei, 959 militan telah menyerah, termasuk 80 yang terluka, di mana 51 yang membutuhkan perawatan rawat inap ditempatkan di rumah sakit Novoazovsk di Republik Rakyat Donetsk,” tulis laporan Kementerian Pertahanan Rusia, Kamis (19/5/2022). 

Selain terus mengepung prabrik Azovstal, Angkatan Bersenjata Federasi Rusia masih melanjutkan operasi militer khusus di Ukraina. 

Pada siang hari, rudal presisi tinggi yang diluncurkan dari Angkatan Udara Rusia menghantam dua pos komando, termasuk markas pertahanan teritorial di area pemukiman Soledar Republik Rakyat Donetsk.
 
“31 area konsentrasi tenaga kerja dan peralatan militer Ukraina, termasuk lokasi unit tentara bayaran asing dari negara-negara Eropa di Nikolaev dan Krasnogorovka juga dihantam rudal,” imbuhnya.
 
Pihak Kemhan Rusia juga melaporkan menembak jatuh 2 pesawat SU-24 Ukraina termasuk menghancurkan sebuah divisi sistem rudal anti-pesawat S-300 Ukraina di dekat Nikolaev, serta 4 depot senjata rudal dan artileri.
 
Di sisi lain, penerbangan operasional-taktis dan militer menghantam tiga pos komando, 41 area konsentrasi tenaga kerja dan peralatan militer Angkatan Bersenjata Ukraina, serta gudang amunisi di dekat desa Vuhledar di Republik Rakyat Donetsk.
 
“Akibat serangan udara itu, lebih dari 270 nasionalis tewas dan 54 unit peralatan militer dilumpuhkan.”

Senjata AS

Adapun pasukan rudal dan artileri menghantam 76 pos komando, 421 area konsentrasi tenaga kerja dan peralatan militer, serta 147 unit artileri dan mortir dalam posisi menembak, termasuk baterai howitzer M777 155 mm Ukraina yang diproduksi oleh Amerika Serikat. 

Di daerah pemukiman Protopopovka, wilayah Kharkiv, penyeberangan ponton, yang diinduksi oleh unit-unit Angkatan Bersenjata Ukraina untuk memaksa Sungai Seversky Donets, dihancurkan.

Sistem pertahanan udara Rusia menembak jatuh satu pesawat Su-25 Ukraina di atas pemukiman Trypillia di Republik Rakyat Donetsk.
 
Selain itu, sebuah MiG-29, 15 kendaraan udara tak berawak juga ditembak jatuh. Sedangkan, delapan roket Ukraina dari sistem roket peluncuran ganda Smerch dicegat.

Secara total, sejak awal operasi militer khusus, 172 pesawat, 125 helikopter, 927 kendaraan udara tak berawak, 311 sistem rudal anti-pesawat, 3.139 tank dan kendaraan tempur lapis baja lainnya, 389 peluncur roket ganda, 1.548 artileri lapangan dan mortir, serta 2.997 unit kendaraan militer khusus Ukraina hancur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Rusia Ukraina Perang Rusia Ukraina
Editor : Edi Suwiknyo

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

To top