Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

NATO Optimistis Ukraina Menang Perang Lawan Rusia, Zelenskyy: Selesai Akhir Tahun

Pakta Pertahanan Atlantik Utara (North Atlantic Treaty Organization/NATO) optimistis bahwa Ukraina akan segera memenangkan peperangan atas Rusia.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 16 Mei 2022  |  17:32 WIB
Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg dan Menteri Pertahanan AS Jim Mattis menghadiri pertemuan para menteri pertahanan di markas NATO di Brussels, Belgia, 15 Februari 2018. - Reuters
Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg dan Menteri Pertahanan AS Jim Mattis menghadiri pertemuan para menteri pertahanan di markas NATO di Brussels, Belgia, 15 Februari 2018. - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Pakta Pertahanan Atlantik Utara (North Atlantic Treaty Organization/NATO) optimistis bahwa Ukraina akan segera memenangkan peperangan atas Rusia.

Kepala NATO Jens Stoltenberg pun menjanjikan bantuan militer untuk Ukraina pada Minggu (15/5/2022). Bantuan itu akan diberikan selama dibutuhkan  untuk mendukung kebutuhan militer negara yang dipimpin oleh Volodymyr Zelenskyy tersebut.

"Ukraina dapat segera memenangkan perang ini," kata Jens, dikutip melalui Channel News Asia, Senin (16/5/2022).

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky pun menyatakan dengan tegas untuk berjuang mengusir Rusia.

"Selangkah demi selangkah, kami memaksa penjajah untuk meninggalkan tanah Ukraina," katanya.

Bahkan, Zelensky percaya perang akan berakhir pada akhir tahun ini.

Adapun, hingga saat ini Ukraina telah meminta bantuan ke berbagai negara, baik bantuan militer maupun bantuan kemanusiaan.

Berbagai negara telah banyak mengirimkan rudal hingga berbagai alat tempur lainnya demi membantu Ukraina melawan serangan Rusia. Bahkan, Amerika Serikat (AS) turut memberikan bantuan yang jumlahnya tak sedikit, mencapai puluhan miliar dolar.

Ukraina juga meminta negara G7 untuk menyita aset Rusia untuk diserahkan ke Kyiv demi membangun kembali negaranya.

Kepala Intelijen Militer Ukraina, Mayor Jenderal Kyrylo Budanov mengatakan, meski wilayahnya terus digempur, dirinya optimis bisa menyudahi perang di akhir tahun.

Di lain sisi, tentara Rusia yang dibantu pihak separatis dan Ukraina terlibat dalam pertempuran sengit untuk memperebutkan jantung industri timur negara itu, Donbas.

Dia menilai, tentara Ukraina yang paling berpengalaman dan memiliki perlengkapan terbaik telah memerangi pertempuran tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

nato Ukraina Perang Rusia Ukraina
Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top