Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penyelidikan Formula E Jakarta 2022 Butuh Waktu, KPK Tegaskan Tak Bisa Didesak Siapapun

KPK sampai saat ini masih melakukan penyelidikan terkait dugaan korupsi Formula E Jakarta 2022.
Foto udara pembangunan sirkuit Formula E Jakarta, Kamis (24/2/2022)./Antara
Foto udara pembangunan sirkuit Formula E Jakarta, Kamis (24/2/2022)./Antara

Bisnis.com, JAKARTA – KPK sampai saat ini masih melakukan penyelidikan terkait dugaan korupsi Formula E Jakarta 2022. Meski diakui butuh waktu, lembaga antirasuah pastikan tidak bisa didesak siapapun.

“Sejauh ini kasus tersebut masih dalam penyelidikan KPK. Penyelesaian suatu kasus memang butuh waktu yang cukup,” kata Pelaksana Tugas Juru Bicara KPK Ali Fikri kepada wartawan, Kamis (12/5/2022).

Dia menegaskan bahwa KPK bekerja bukan atas dasar ada desakan dari siapapun. Oleh karena itu, dalam menangani setiap kasus termasuk Formula E Jakarta, tidak bisa dipercepat maupun diperlambat.

Akan tetapi, Ali memastikan bahwa seluruhnya harus dilakukan sesuai mekanisme hukum.

“Kami masih terus meminta keterangan pihak-pihak terkait dan menganalisanya lebih lanjut untuk berupaya menemukan dugaan peristiwa pidana korupsinya,” jelasnya.

Beberapa pihak memang mendesak KPK untuk segera mengusut dugaan korupsi ajang balap mobil listrik di DKI Jakarta, karena penyelidikan sudah berlangsung dari tahun lalu.

Sementara itu, Formula E sudah dibayar dimuka oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sampai 2024. Sedangkan masa jabatan Anies berakhir tahun ini. Sebelumnya, Wakil Ketua KPK Alexander Marwata mengatakan bahwa KPK masih terus mencari beberapa informasi.

“Misalnya menyangkut bagaimana penyelenggaraan Formula E di negara lain. Apakah ada juga semacam commitment fee dan lain sebagainya,” katanya pada konferensi pers virtual, Selasa (26/4/2022).

KPK, tambah Alex, juga sedang mengupayakan meminta keterangan dari pihak yang menerima transfer dana dari Pemerintah Provinsi DKI, termasuk dari PT Jakpro sebagai penyelenggara.

“Bagaimana penyelenggaraannya, apa perkembangan daripada rencana penyelenggaraan Formula E, bagaimana kajiannya misalnya apakah dari hasil studi kelayakan memang proyek atau kegiatan atau event itu menguntungkan dari sisi bisnis. Karena ini bisnis kan,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper