Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Cek Fakta: Kemensesneg Surati Mendagri Soal Penetapan Gubernur Papua Barat

Kemensesneg menegaskan bahwa surat berisikan Keppres soal pencopotan Gubernur dan Wakil Gubernur Papua Barat dan penetapan penggantinya adalah hoaks
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 01 Mei 2022  |  14:47 WIB
Surat Kemensesneg kepada Mendagri soal penetapan Gubernur Papua Barat adalah Hoaks  -  tangkapan layar / Instagram Kemensesneg
Surat Kemensesneg kepada Mendagri soal penetapan Gubernur Papua Barat adalah Hoaks - tangkapan layar / Instagram Kemensesneg

Bisnis.com, JAKARTA - Beredar surat yang mengatasnamakan Deputi Bidang Administrasi Aparatur, Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) kepada Menteri Dalam Negeri, tertanggal 26 April 2022 terkait penerbitan Keputusan Presiden tentang Penetapan Penjabat Gubernur Papua Barat.

Dalam surat tersebut disebutkan bahwa berdasarkan Keppres bernomor 10/P Tahun 2022, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberhentikan dengan hormat Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan dan Wagubnya Mohammad Lakotani.

Bersamaan dengan itu, Jokowi mengangkat Zudan Arif Fakrulloh yang disebut tengah menjabat Dirjen Kependudukan dan Penatatan Sipil Kemendagri sebagai pengisi posisi Gubernur Papua Barat.

Atas informasi tersebut, Kemensesneg menegaskan bahwa surat tersebut adalah informasi palsu alias hoaks. 

"Berkenaan dengan beredarnya surat yang mengatasnamakan Deputi Bidang Administrasi Aparatur, Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) kepada Menteri Dalam Negeri, tertanggal 26 April 2022, yang menginformasikan telah diterbitkannya Keputusan Presiden tentang Penetapan Penjabat Gubernur Papua Barat.

Bersama ini kami nyatakan bahwa surat yang beredar tersebut adalah palsu dan tidak benar (hoaks) karena Kemensetneg tidak pernah mengeluarkan surat tersebut. Tata naskah dan penandatangan surat tersebut juga keliru karena tidak mengikuti kaidah yang berlaku, dan pejabat yang bersangkutan juga telah alih tugas sejak tahun 2019," tulis Kemensesneg melalui unggahan di akun Instagram Kemensesneg, Minggu (1/5/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi gubernur mensesneg Papua Barat
Editor : Aprianus Doni Tolok

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top