Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Update Situasi Militer Perang Rusia vs Ukraina Hari Ke-66: Ukraina Berhasil Ambil Alih Sebagian Wilayah Kharkiv dari Rusia

Pasukan Ukraina berhasil mengatasi beberapa serangan Rusia di Kharkiv, perlahan-lahan sudah mulai menguasai beberapa daerah penting di Kharkiv.
Asap mengepul dari lokasi kebakaran selama konflik Ukraina-Rusia di kota pelabuhan selatan Mariupol, Ukraina, Kamis (7/4/2022). REUTERS/Alexander Ermochenko
Asap mengepul dari lokasi kebakaran selama konflik Ukraina-Rusia di kota pelabuhan selatan Mariupol, Ukraina, Kamis (7/4/2022). REUTERS/Alexander Ermochenko

Bisnis.com, JAKARTA – Serangan Rusia ke Ukraina per hari ini sudah memasuki hari ke-66. Pada hari ini, pasukan Ukraina yang kemarin berhasil mengatasi beberapa serangan Rusia di Kharkiv, perlahan-lahan sudah mulai menguasai beberapa daerah penting di Kharkiv.

Dalam laporan lain, pada setiap kota-kota penting di Ukraina, per hari ini belum ada kemajuan yang signifikan. Kecuali, masalah Kharkiv yang semakin panas karena Ukraina berhasil menguasai beberapa tempat.

Selain kejadian tersebut, ada beberapa situasi terbaru yang terjadi di wilayah Ukraina. Dilansir dari Militaryland, Sabtu (30/4/22) berikut situasi militer di wilayah Ukraina.

Garis Depan Sloboda

  • Daerah Kharkiv

Di Kharkiv, setelah kemarin Ukraina berhasil menahan serangan Rusia, bahkan membuat Rusia mundur dari beberapa tempat. Per hari ini, Ukraina melakukan kemajuan perang lagi di kota Kharkiv. Pasukan Ukraina berhasil membebaskan Ruska Lozova di utara Kharkiv dan Momotove dekat Kutuzivka dari tangan Rusia.

Donet Siverskyi

Pada hari ini pertempuran kembali berlanjut di daerah Velyka Kumyshuvakha, Yampil, Rubizhne dan Popasna, antara kedua pasukan tersebut.

Dalam laporan lain, pasukan Rusia telah mendirikan jembatan ponton (jembatan apung)  tambahan di seberang sungai Siverskyi Donets dekat Izium untuk menjadi jalan alternatif mereka.

Daerah yang masih terjadi baku tembak: Velyka Komyshuvakha, Yampil, Lysychansk, dan Popasna

Garis Depan Pryazovia

  • Daerah Donetsk

Di Donetsk, setelah merangsek masuk ke beberapa daerah Ukraina. Per hari ini, situasi di Donetsk tetap sama dan serangan pasukan Rusia selalu berhasil ditangkis oleh pasukan Ukraina dan belum mendapatkan hasil apa-apa per hari ini.

  • Daerah Zaporizhzhia

Di Zaporizhzhia, tidak ada perubahan, situasi masih sama seperti hari kemarin.

Garis Depan Selatan

  • Daerah Mykolaiv

Tidak ada perubahan di kota Mykolaiv, situasi tetap sama dengan hari kemarin. 

  • Daerah Kherson

Di Kherson, Tidak ada perubahan di kota Mykolaiv, situasi tetap sama dengan hari kemarin. 

  • Oblast Dnipropetrovsk

Tidak ada perubahan di kota Dnipropetrovsk, situasi tetap sama dengan hari kemarin.

Mariupol

Di Mariupol, setelah berhasil mengamankan Azovstal bagian Utara. Hari ini, pasukan Rusia menyerang kompleks utama Azovstal dari timur, hal ini dilakukan untuk menguasai sepenuhnya Azovstal dari tangan Ukraina. Untuk pertempuran keduanya sedang berlangsung di luar batas Azovstal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper