Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jepang Kucurkan Pinjaman US$100 Juta untuk Pemulihan Ukraina

Pemerintah Ukraina akan menerima pinjaman senilai US$100 juta dari Jepang.
Edi Suwiknyo
Edi Suwiknyo - Bisnis.com 29 April 2022  |  05:53 WIB
Anggota pasukan pro-Rusia berjalan melewati sebuah bangunan yang rusak akibat konflik Ukraina-Rusia di kota pelabuhan selatan Mariupol, Ukraina, Kamis (7/4/2022). REUTERS - Alexander Ermochenko
Anggota pasukan pro-Rusia berjalan melewati sebuah bangunan yang rusak akibat konflik Ukraina-Rusia di kota pelabuhan selatan Mariupol, Ukraina, Kamis (7/4/2022). REUTERS - Alexander Ermochenko

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah Jepang mengucurkan pinjaman senilai US$100 juta dengan persyaratan lunak ke Pemerintah Ukraina.

Jangka waktu pembayaran kembali pinjaman  30 tahun dengan tingkat bunga 1 persen per tahun. 

Pinjaman tersebut digunakan untuk pembangunan di bidang pemulihan ekonomi darurat dan hibah untuk memperkuat sistem kesehatan dan obat-obatan di Ukraina. 

Ini adalah dukungan anggaran negara yang ditujukan untuk menstabilkan situasi di Ukraina, khususnya, untuk memastikan pengeluaran prioritas sosial dan kemanusiaan, pengeluaran kesehatan, dukungan untuk pengungsi internal dan pengeluaran prioritas lainnya,” demikian keterangan resmi Pemerintah Ukraina, dikutip Jumat (29/4/2022). 

Selain pinjaman, Jepang juga memberikan bantuan hibah "Program Pembangunan Ekonomi dan Sosial" kepada Ukraina. Sekitar US$2,3 juta hibah akan digunakan untuk membeli peralatan medis untuk mendukung kesehatan dan sistem medis Ukraina. 

Adapun selama penandatanganan perjanjian, perwakilan Pemerintah Jepang menyatakan bahwa mereka akan terus mendukung Ukraina dalam kerjasama dengan masyarakat internasional. 

Rancangan Perjanjian antara Pemerintah Ukraina dan Pemerintah Jepang telah disetujui oleh Kabinet Menteri Ukraina pada tanggal 15 April 2022.  

Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Ukraina untuk Jepang Sergiy Korsunsky diberi wewenang untuk menandatangani Perjanjian.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jepang Ukraina Perang Rusia Ukraina
Editor : Edi Suwiknyo

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top